Sukabumi Update

Ribuan Pelajar se Kabupaten Sukabumi Adu Kemampuan O2SN 2019

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan pelajar dan pengajar se Kabupaten Sukabumi, mengikuti pembukaan Olahraga Olimpiade Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Festival Lomba Seni Siswa Daerah (FLS2D) di Lapang Lodaya Setra Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Selasa (12/3/2019).

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 12 hingga 14 Maret 2019 ini, dimeriahkan dengan berbagai penampilan 50 siswa sekolah dasar, mulai dari tarian Jipeng, Drumband, dan Defile seluruh kontingen.

Adapun yang diperlombakan diantaranya, cabang olahraga, seni dan akademi. Diantaranya pencak silat, karate, atletik, bulutangkis, renang, senam, festival dan lomba seni.

Kepala Dinas Pendidikan, Kabupaten Sukabumi, Muhammad Solihin mengatakan, jumlah peserta sebanyak 1565 untuk tiga event O2SN, FLS2N, FLS2D. Sedangkan untuk O2SN pesertanya sebanyak 545 orang.

BACA JUGA: Perhatian Disdik Kabupaten Sukabumi Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus

"Bagi yang berprestasi tentunya kami akan berikan beasiswa dan mengikuti kejenjang yang lebih tinggi," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Event ini merupakan agenda tahunan, melalui beberapa jenjang dari mulai tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional."Kegiatan ini juga menjadi ajang evaluasi bagi para guru dalam mengolah rasa, rohani dan pikiran," paparnya.

Menurutnya, kendala saat ini memang sarana dan fasilitas yang belum memadai. "Kedepan semoga pelaksanaan event tersebut didukung oleh fasilitas yang memadai, namun hal itu tidak menyurutkan semangat kami terutama anak anak untuk terus mengukir prestasi," pungkasnya.

Event O2SN, FLS2N dan FLS2D, tingkat Kabupaten Sukabumi mendapat tanggapan positif dari para camat. 

"Masyarakat selatan Sukabumi cukup antusias dengan dilaksanakannya event tersebut," ujar Camat Ciracap Asep Mulyani. 

Dia menilai, hal seperti ini perlu dipertahankan dan pelaksanaannya perlu diperbaiki agar betul-betul bisa menghasilkan atlet-atlet masa depan yang dapat membawa nama baik Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Camat Jampang Kulon Sujana mengungkapkan, event O2SN, FLS2N dan FLS2D merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan minat anak-anak, baik dalam segi akademik maupun olahraga.

"Kepedulian pihak pemerintah dalam memberikan ruang dan kesempatan untuk mengembangkan minat anak agar lebih terarah, melalui event tersebut bisa mempererat silaturahmi dan bersaing sportif dalam mengejar prestasi," kata Sujana.

Hal senada diungkapkan Camat Warungkiara Asep Suhenda. Menurut dia, event tersebut sebagai pengembangan bakat dalam olahraga, seni maupun akademik. Dalam event ini anak anak diberi kesempatan untuk menampilkan kemampuannya. Bukan hanya berbicara juara, namun lebih dari itu adalah membentuk karakter mereka menjadi orang yang tangguh dan berjiwa sportif.

"Cukup bagus adanya kegiatan tersebut, semoga mereka yang berprestasi bisa membawa nama baik daerah," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI