Sukabumi Update

Data Disdik, Ada 800 Bangunan Sekolah Rusak di Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Tubagus Wahid Ansor mengungkapkan ada 800 lokal bangunan sekolah yang mengalami rusak, mulai dari rusak bagian atapnya hingga dinding yang nyaris roboh.

BACA JUGA: Sekolah Pungli, Disdik Kabupaten Sukabumi Bakal Laporkan ke Inspektorat

"Untuk jumlah kerusakan dari data yang kami dapat tahun 2018, itu ada sebanyak 800 lokal bangunan," kata Tubagus kepada sukabumiupdate.com, Senin (6/5/2019).

Sementara perbaikan di tahun 2019, kata Tubagus melalui Dana Alokasi Kusus atau DAK itu hanya 200 unit. Dengan demikian ia mengaku masih mempunyai pekerjaan rumah (PR) 600 lokal banguan lagi yang butuh perbaikan, "Jumlah itu belum ditambah dengan lokal bangunan rusak yang kategorinya baru," bebernya.

Seperti terjadi di SDN Cisalak, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikembar, tambah Tubagus yang dikabarkan tiga ruang lokal mengalami kerusakaan di bagian atap, dan kalau memang bangunan itu rusak, maka pihaknya akan mengajukan untuk diperbaiki. 

BACA JUGA: Atap SDN Cisalak Cikembar Sukabumi Bocor, Disdik: Kita Cek ke Lokasi

"Apakah nanti sumber dananya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan akan di prioritaskan, atau juga masuk di anggaran perubahan, karena kalau perbaikan melali DAK itu sudah tidak bisa. Pasalnya DAK itu harus melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik)," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI