Sukabumi Update

Universitas Nusa Putra Sukabumi Berikan Otoritas Ruangan Bagi Mahasiswanya

SUKABUMIUPDATE.com - Rektor Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi, Kurniawan, meresmikan sekertariat organisasi mahasiswa yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari, Selasa (18/6/2019).

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukabumi Wisuda 150 Mahasiswa

"Alhamdulillah hari ini kita dapat meresmikan sekretariat organisasi mahasiswa. Kita buat transparan, karena sebelumnya ketika didirikan tertutup, terlihat di sana dijadikan tempat tidur, tempat rokok dan lain-lain. Jika seperti ini (transparan, red) lebih terlihat," ujarnya.

Di sini pun, kata Kurniawan disediakan 13 ruangan, 10 ruangan prodi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Perwakilan Mahasiswa pun sudah disiapkan. Termasuk untuk Menwa dan Volunteer. 

"Di situ juga terdapat ruang meeting dan cukup untuk 20 orang. Sudah diresmikan ini, saya tidak mau mahasiswa atau mahasiswi kita rapat di ruang kelas lagi, karena ini cukup," katanya. 

BACA JUGA: Gelombang Pertama, 306 Peserta PMB Universitas Nusa Putra Sukabumi Lolos Seleksi

Kurniawan juga tak menginginkan melihat kembali melalui lorong-lorong, mahasiswa rapat membawa makanan. Sehingga office boy (OB) harus membersihkan secara terus menerus.

"Kasihan itu OB harus bersihin terus, mending OB nya banyak inikan sedikit. Jika saya tegur mungkin masih bisa menghargai saya sebagai rektor, namun berangkat sedikit, sudah main lagi, karena kelemahan saya itu bersuudzan kepada kalian," paparnya.

Menurutnya, di situ sudah ada peraturannya baik jam masuk maupun keluarnya, sanksinya juga sudah jelas. Oleh karena itu, ia memohon kepada semua pihak agar bersama-sama menegakan peraturan itu. 

"Menwa juga untuk menegakan itu, mahasiswa atau mahasiswi menegakan juga. Jangan pernah berburuk sangka jika pembina, dosen, Menwa dan civitas akademik menegur kalian," tegasnya. 

BACA JUGA: Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Nusa Putra Sukabumi Terpilih Sebagai Ketua KMM Jabar

"Saya berharap kemahasiswaan(sekertariat, red)  itu tempat berpikir untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang ada di internal kampus otomatis mahasiswa itu mempunyai otoritas terhadap ruangan," tandasnya.

Ketua Yayasan Perguruan NUsP Sukabumi, Kuswara mengaku memanfaatkan fasilitas ini dengan baik, maksimal dan terhormat. Menurutnya tiga hal itu ditekankan pada terhormatnya.

"Fasilitas yang disediakan dari kampus itu untuk menjadikan insan mahasiswa, karena yang dinamakan maha itu lebih besar dari siswanya. Memperlihatkan dewasa berpikir, bertindak dan memanfaatkan unit kegiatannya, kami juga ingin mahasiswa dan mahasiswi Nusa Putra menjadi unggul dan juga terhormat," paparnya.

Sementara itu, Perwakilan Mahasiswa Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Rizky mengungkapkan sekertariat organisasi mahasiswa sesuatu yang di nanti-nanti oleh seluruh mahasiswa, karena mahasiswa butuh tempat untuk melakukan organisasi kesiswaan.

BACA JUGA: Penampilan Apik Tiga UKM di Acara Wisuda Universitas Nusa Putra Sukabumi

"Berkumpul, membenahi berkas-berkas himpunan, dan lain sebagainya. Maka dari itu sangat bersyukur ruangan sekertariat ini dibuka," katanya.

Menurut Rizky, sudut pandang rektor itu benar, karena ruangan sekertariat itu bukan untuk dipergunakan sebagai ruang untuk merokok dan tidur, karena bukan termasuk dalam fungsionalnya.

"Ketika sudah berubah menjadi transparan lebih elegan dan bisa saling sapa walaupun dalam ruangan," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI