Sukabumi Update

SMP Negeri Ciemas Sukabumi Diajarkan Mencintai Alam di Curug Puncak Manik

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 65 siswa baru SMP Negeri 5 Ciemas, Jalan Sindangkasih, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), di kawasan wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu, tepatnya di Puncak Manik Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan kurikulum, Hikmat Cahya Nugraha mengatakan, kegiatan MPLS ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari (16/7/2019) hingga (18/7/2019).

BACA JUGA: Data Disdik, Ada 800 Bangunan Sekolah Rusak di Kabupaten Sukabumi

Selama dua hari ini, kata Hikmat, MPLS dilakukan di lingkungan SMPN 5 Ciemas, sedangkan penutupan kegiatan di wisata Curug Puncak Manik, yang kebetulan berdekatan dengan lokasi sekolah.

 "Kegiatannya bernama Wide Game atau permainan di tempat yang luas atau alam bebas dan lebih kepada memperkuat Ekstra Kurikuler (Eskul)," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (12/8/2019).

Menurut Hikmat, sengaja memilih kawasan wisata Curug Puncak Manik, selain jaraknya dekat, juga siswa diharapkan bisa lebih peduli akan lingkungan kawasan wisata. "Apalagi Curug Puncak Manik sudah masuk zona Geoprak Ciletuh Palabuhanratu," katanya.

Selama penutupan kegiatan di Curug Puncak Manik, peserta didik diberikan beberapa materi baik oleh pengajar maupun langsung oleh kepala SMPN 5 Ciemas.

BACA JUGA: Sekolah Pungli, Disdik Kabupaten Sukabumi Bakal Laporkan ke Inspektorat

"Beberapa materi yang disampaikan berkenaan lingkungan alam Curug Puncak Manik, pelestarian lingkungan dan kepedulian terhadap wisata Puncak Manik," ucap Hikmat.

Selain pemberian materi, tambah Hikmat peserta didik juga dilatih ketahan fisik dan mental, kebersamaan dalam gotong royong dengan membersihkan sampah di sekitar wisata.

"Hal ini sangat penting bagi peserta didik, agar mereka sebagai generasi muda, memiliki pengetahuan yang cukup, dan kepedulian tinggi terhadap alam. Juga saat nanti terjun ke masyarakat ada jiwa sosial yang tinggi," pungkasnya.

Editor : Yusuf

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI