Sukabumi Update

Panitia Pemilihan Purwasedar Diprotes, Ini Hasil Pilkades di Ciracap Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dua dari delapan desa di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi baru saja menuntaskan gelaran Pilkades Serentak 2019. Dua desa tersebut diantaranya Desa Pasirpanjang dan Desa Purwasedar.

Di Desa Pasirpanjang, ada empat calon kepala desa (kades) yang saling berebut suara masyarakat dengan jumlah hak pilih sebanyak 4.685. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara, didapati suara sah sebanyak 3.502 dan suara tidak sah sebanyak 178 dengan persentase kehadiran 74 persen.

BACA JUGA: Lima Incumbent Tumbang, Pilkades 2019 di Jampangtengah Sukabumi

Dari hasil penghitungan, didapati perolehan suara masing-masing calon sebagai berikut. Nomor urut 1, Mamat Slamet mendapat suara sebanyak 1.388. Nomor urut, 2 Usnadi mendapat suara sebanyak 1.016. Nomor urut 3, Iin mendapat suara sebanyak 45. Nomor urut 4, Pupu Sukandar mendapat suara sebanyak 875.

"Berdasarkan hasil tersebut, Pilkades di Desa Pasirpanjang dimenangkan oleh calon petahana nomor urut 1, Mamat Slamet," kata Camat Ciracap, Asep Mulyani kepada sukabumiupdate.com, Senin (18/11/2019).

BACA JUGA: Pilkades 2019 di Kecamatan Gunungguruh Sukabumi, Cek Daftar Pemenangnya!

Sementara di Desa Purwasedar, tercatat hak pilih sebanyak 5.695 dengan surat suara sah sebanyak 4.315 dan tidak sah sebanyak 76, serta persentase kehadiran 75 persen. Dari hasil rekapitulasi suara, calon petahana dengan nomor urut 1, Sukaedin Sopyan mendapat perolehan suara sebesar 792. Nomor urut 2, Sahrun mendapat 1.062 suara. Nomor urut 3, Deri Riyana unggul dengan perolehan suara sebesar 1.234. Nomor urut 4, Supendi mendapat 1.151 suara.

"Di Desa Purwasedar, penantang petahana nomor urut 3, Deri Riyana mengungguli calon lainnya," tandas Asep Mulyani.

BACA JUGA: Pilkades di Kecamatan Cidahu Sukabumi, Berikut Hasilnya

Namun hasil Pilkades Purwasedar tersebut dipertanyakan sejumlah pendukung dan timses dari calon kades yang kalah. Mereka mendatangi kantor Desa Purwasedar, Selasa (19/11/2019).

Pantauan sukabumiupdate.com, para pendukung dan timses ini dari calon kades nomor urut 1, calon kades nomor urut 2, dan calon kades nomor urut 4. Tak hanya pendukung dan timses saja, para calon yang kalah juga datang. Mereka diterima Camat Ciracap, Kapolsek Ciracap, Pjs Kepala Desa Purwasedar serta Panitia Pilkades Purwasedar.

"Kedatangan kami untuk mempertanyakan beberapa kejanggalan selama proses Pilkades kepada pihak Panitia," ucap Rahmat Bram (42 tahun) pendukung calon nomor urut 4.

"Kami bukan untuk menggugat kemenangan salah satu calon, namun mempertanyakan kinerja panitia," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI