Sukabumi Update

700 SD di Kabupaten Sukabumi Rusak Berat, Disdik Ajukan Rp 16 Miliar

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Muhammad Solihin mengatakan, sebanyak 700 ruang sekolah dasar (SD) rusak berat dan rusak sedang sekitar 500 dari total sekitar 12 ribu sekolah. Ia menargetkan di tahun 2020 mendatang akan dilakukan perbaikan.

"Insya Allah di tahun 2020 bangununan sekolah yang rusak berat akan diperbaiki termasuk di SD Negeri Cikaramat, Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan yang belum lama ini atap kelasnya roboh," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (9/12/2019).

BACA JUGA: Dua SD di Bojong Kalibunder Rusak Berat, Disdik Sukabumi: KBM Dipindah

Sementara bangunan sekolah yang rusak ringan, kata Solihin, bukan kewenangannya akan tetapi kewenangan sekolah, karena ada Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Saat ini belum ada evaluasi lagi berapa target yang akan diperbaiki, tetapi yang sudah diajukan mudah-mudahan 20 persen diakomodir," paparnya.

BACA JUGA: Disdik Berjanji SDN Cikaramat Sukabumi yang Ambruk Menjadi Skala Prioritas Perbaikan

Menurut Solihin, anggaran untuk perbaikan sekolah rusak berat dan sedang di SD itu sekitar Rp 5 Miliar. Sedangkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 11 Miliar. Jadi totalnya mencapai Rp 16 Miliar.

"Sedangkan untuk perbaikan SMP dari DAK yang muncul itu Rp 11 Miliar. Semuanya itu tahun anggaran 2020 dan mudah-mudahan yang diajukan bisa terealisasi," tandasnya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI