Sukabumi Update

Pemkot Sukabumi Gulirkan Gerakan Literasi Sukabumi (Geulis)

SUKABUMIUPDATE.com - Di awal tahun, gerakan literasi terus digencarkan di Kota Sukabumi. Langkah tersebut untuk melahirkan generasi unggul dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Sukabumi Lepas Peserta Kontingen Jambore Literasi

Dikutip dari lama resmi media sosial Humas dan Protokol Kota Sukabumi, semangat ini yang mendasari digelarnya kegiatan pembinaan minat baca tingkat SMK dengan tema ' Berliterasi supaya kami tidak tereliminasi' di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Selasa (18/2/2020).

Hadir pada kesempatan itu Wali Kota Sukabumi Acmad Fahmi, Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Asisten Daerah III Bidang Administrasi Setda Kota Sukabumi Iskandar Ifham.

''Kegiatan ini mendorong edukasi dan sosialisasikan gerakan literasi masyarakat khususnya pelajar,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana kalau lemah dalam literasi akan memiliki wawasan sempit dan ketika sempit maka akan tereliminasi dengan wawasan lebih tinggi.

Fahmi berharap ajang ini bukan sebatas wacana, melainkan gerakan sistematis dan masif sampai ke anak-anak. "Sebab menyadari benar salah satu rekayasa sosial meningkatkan SDM melalui pendidikan dan pendidikan bukan sebatas formal atau sekolah," paparnya. 

Di mana melalui gerakan literasi, sambung Fahmi merupakan salah satu inovasi pendidikan. Pemkot sendiri terus mendorong perpustakaan keliling dan motor perpustakaan dan kotak literasi cerdas (Kolecer) untuk meninkatkan budaya literasi masyarakat umum.

BACA JUGA: Calender Off Events 2020, Cara Pemkot Sukabumi Genjot Pertumbuhan Ekonomi

"Selain itu di hotel-hotel diimbau membuat kotak literasi. Sejumlah upaya ini diharapkan mendorong masyarakat cerdas dan meningkat kualitas SDM," jelasnya.

Program membangun budaya literasi kata Fahmi dengan memanfaatkan jalur keluarga dan pendidikan formal. Misalnya ketika akan tidur membaca buku dan ini literasi melalui keluarga.

Di samping itu digulirkan juga gerakan literasi Sukabumi (Geulis), bagian dari kolabroasi Pemkot Sukabumi dan tim penggerak PKK Kota Sukabumi. ''Gerakan literasi di Sukabumi massif ditargetkan muncul pelajar hebat yang lahir dari budaya literasi," tandasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI