Sukabumi Update

Kisah Belajar Daring Bocah Pulosari Sukabumi, Sinyal Internet Buruk Nongkrong di Kantor Desa

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 mengharuskan siswa di Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, belajar di rumah secara online atau dalam jaringan (daring). 

Namun kendala dihadapi oleh para siswa ini. Sejumlah kampung di desa tersebut masih belum terjangkau koneksi internet yang baik. Karena keinginan kuat anak-anak di desa itu untuk belajar, mereka pun datang ke kantor Desa Pulosari, untuk menumpang wifi kendati malam hari.

BACA JUGA: Walaupun Masih Zona Biru, Kades di Sukabumi Ini Minta Sekolah Kembali Dibuka

Kondisi yang dialami anak-anak tersebut diungkapkan Dirja, Kades Pulosari. "Kadang-kadang malam anak-anak seusia SD dan SMP nongkrong di desa hanya sekedar ikut wifi," kata Dirja.

Persoalan lainnya tidak semua siswa memiliki smartphone. "Tidak semua warga Pulosari punya handphone, dikarenakan jujur daerah kami daerah paling ujung yang alat komunikasi khususnya handphone masih ada warga yang kurang tahu alat tersebut," katanya.

BACA JUGA: Belajar Dari Rumah, Disdik: Kuota Internet Siswa di Kabupaten Sukabumi Diatur Sekolah

 

Maka dari itu, dia meminta pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menjalankan kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di sekolah. "Buat dinas pendidikan kabupaten Sukabumi dan pihak terkait pemangku kebijakan, tolong sekolah-sekolah yang ada di Sukabumi khususnya Kecamatan kalapanunggal dibuka seperti semula," jelasnya.

Dirja pun sadar bahwa Covid-19 masih mengancam dan penanganan Covid-19 perlu dilakukan secara bersama-sama. "Urusan covid kita antisipasi bersama. Makanya kami mohon dengan sangat buat pemangku kebijakan di Pemda Sukabumi bukalah kembali kegiatan belajar mengajar," jelasnya.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI