Sukabumi Update

Sosok Dibalik Pertemuan Megawati - Prabowo

Oleh: Adiyana Slamet, (Direktur Eksekutif Lingkar Kajian Komunikasi Politik (LKKP) Jawa Barat).

Ada sosok yang berperan penting dibalik pertemuan antara Prabowo dan Megawati. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan menjembatani pertemuan sebelumnya yakni Prabowo dan Jokowi pada Sabtu (13/7/2019) lalu, hingga pertemuan Prabowo dan Megawati pada Rabu (24/7/2019) kemarin.

Dari pertemuan tersebut, tentunya dimediasi oleh Budi Gunawan yang telah berjasa mewujudkan pertemuan tokoh-tokoh penting bangsa ini, sosok Budi Gunawan lah yang menjembatani pertemuan antara Prabowo dan Jokowi, dan pertemuan Prabowo dengan Megawati. Hal tersebut merupakan komunikasi strategis guna mewujudkan suasana yang kondusif, demi tercapainya stabilitas politik yang berimbas juga pada stabilitas ekonomi.

Di sisi lain, konsep politik tidak ada yang kebetulan, dari pertemuan Prabowo bersama Jokowi hingga pertemuan Prabowo dengan Megawati, tidak menutup kemungkinan  akan terjadi kesepakatan-kesepakatan, yang merupakan kepentingan untuk Bangsa dan negara ini.

Salurannya mungkin personal, bisa melalui saluran organisasi, karena kedua tokoh ini sudah menjadi sebuah simbol politik bagi PDI Perjuangan dan Partai Gerindra. Kemudian kedua tokoh tersebut bertemu dalam satu meja makan, kemungkinan besar akan memunculkan kesepakatan-kesepakatan yang saya pikir dari kesepakatan itu merupakan kepentingan negara bangsa suapaya lebih baik lagi kedepannya.

Tak hanya itu, dari pertemuan tersebut juga, memungkinkan untuk terciptanya penyelesaian permasalahan kedua tokoh tersebut ataupun tokoh lainnya. Seperti yang diketahui, menguatnya politik identitas yang begitu masif pasca pilpres 2019 sangat berdampak pada dinamika politik nasional maupun internasional. Imbasnya tidak hanya kepada konteks stabilitas politik saja, tetapi imbas kepada stabilitas ekonomi dan lainya. Karena dalam konsepsi demokrasi, kita tidak bisa memisahkan politik dan ekonomi.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI