Sukabumi Update

Konsep Keuangan Syariah di Perkantoran

Oleh: Szahwa46@gmail.com (netizen)

Uang merupakan sesuatu alat yang sering digunakan oleh masyarakat untuk proses jual beli dalam perekonomian,tidak sedikit orang meyakini bahwa uang merupakan sesuatu yang sangat penting didalam kehidupan, ketika seseorang memiliki uang mereka tetap saja tidak akan merasa cukup karna uang memang sesuatu yang sangat dibutuh kan dan sangat penting. Akan tetapi, para ahli ekonomi berpendapat bahwa kenaikan jumlah uang beredar di dunia tidak akan membuat hidup orang lebih bahagia. Alasannya meskipun output seseorang bisa di beli dengan adanya uang tetap saja tidak menjamin kebahagiaan.

Ada perbedaan antara konsep keuangan dalam perspektif islam dengan konsep keuangan dalam perspektif konvensional. dalam islam konsep keuangan diperjelas dan di tegaskan bahwa uang adalah uang,dan uang bukan capital,tetapi konsep keuangan dalam perspektif konvesional menegaskan bahwa uang yaitu uang capital,karena uang sangat berperan dalam kehidupan.serta adanya keracuan konsep uang dalam pemikiran konvesional ,maka sangat dibutuhkan kajian-kajian yang mendalam terhadap uang supaya keberadaan uang tersebut dapat menciptakan maslahah.

Definisi Uang

Dalam Al-quran tidak tercantum kata uang begitupun dalam Hadits Nabi SAW karena lebih jelasnya bangsa Arab sering menggunakan kata uang itu dengan istilah nuqud ,untuk menunjukan harga kata dinar yang lebih sering mereka gunakan untuk menunjukan alat tukar yang terbuat dari perak.wariq juga mereka gunakan untuk menunjukan dirham perak,ain digunakan untuk menunjukan dinar emas.untuk membeli barang-barang murah mereka menggunakan uang tembaga (fulus).

Ada dua hal yang mendasari konsep time value of money ,menurut ekonom konvensional.

Yaitu :

1.Kehadiran inflasi

2.Prefensi konsumsi sekarang untuk konsumsi masa depan.

Konsep Nilai Waktu Uang

1.Konsep Future Value

Bunga berganda sering juga disebut dengan sebutan bunga majemuk ,bunga ini juga akan digunakan pada periode selanjutnya karna ini merupakan simpanan.jika bunga ini digunakan,maka nilai yang akan datang merupakan jumlai dari nilai awal tumbuh setelah satu tahun.

2.Konsep Present Value

Konsep ini bertujuan untuk menghitung jumlah atau hasil uang di akhir periode di waktu mendatang.dan discount value bertujuan untuk menghitung besarnya jumlah uang pada awal periode.

3.Konsep Future Value Annuity

Annuity dijelaskan suatu seri penerimaan dari suatu jumlah yang tetap selama waktu yang ditentukan,pembayaran bisa dilakukan setiap akhir periode dan awal periode.

Konsep Keuangan Dalam Islam.

Time Value of money tidak dikenal dalam islam,yang dikenal adalah economiic value of time.Teori time value of money merupakan kekeliruan yang di ambil dari ilmu teori pertumbuhan populasi dan tidak terdapat dalam ilmu finance.

Konsep uang memiliki pandangan yang berbeda dari setiap sisi pandang nya,dalam ekonomi islam,konsep uang sangat diperjelas dan di tegaskan bahwa uang adalah uang,dan bukan capital.dan konsep uang dalam ekonomi konvesional tidak jelas.Sering kali di istilahkan bahwa uang dalam persfektif ekonomi konvensional dijeaskan secara bolak balik yaitu uang sebagai uang dan uang sebagai capilat.

Penulis: Zahwa Maulida, Mahasiswa Universitas Nusa Putra

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI