Sukabumi Update

Motor Listrik Berdesain Bambu Ini Mampu Melaju 120 Km/Jam

SUKABUMIUPDATE.com - Modular Energy Efficient Portage atau MEEP Inc merancang sepeda motor listrik dengan bodi yang terbuat dari bambu bernama Banatti Green Falcon. Sepeda motor ini menggunakan mesin listrik dengan bobot yang enteng, yakni hanya 14,5 kilogram.

Menurut Christopher Paris Lacson, Direktur Desain dan CEO MEEP Inc, proyek kendaraan listrik berdesain bambu ini untuk menyambut pemerintah Filipina yang mengamanatkan penanaman 10 juta hektare bambu pada 2020. Lacson ingin menggunakan waktu menjelang 2020 sebagai bahan organik yang ia klaim memiliki kekuatan mirip dengan baja tersebut. Bahan ini pun secara dekomposisi bisa menjadi sangat kuat.

Untuk mengantisipasi panen beberapa tahun ke depan, program ekstremis bambu ini menantang para insinyur dan perancang untuk menghasilkan penggunaan bambu yang menarik dan inovatif. Banatti Green Falcon memulai debut sepeda motor listrik yang terbuat dari bambu dan akan diperkenalkan dalam Manila Fame Show pada Oktober.

Struktur dua lapisan bambu dilaminasi dengan epoxy, dan di balik bodi terdapat baterai dan motor listrik. Mesin listrik ini mampu meraih kecepatan tertinggi 120 kilometer per jam. Motor ini diperuntukkan untuk penggunaan dalam kota. Demi keawetan baterai, paling optimal digunakan 96 kilometer per jam.

Lacson mengklaim Banatti memiliki jangkauan sekitar 50 kilometer setiap satu kali pengisian. Perusahaan mengklaim motor listrik ini memiliki kenyamanan dengan jenis sadel seperti saat naik kuda.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI