Sukabumi Update

MotoGP: Lorenzo Dikontrak Honda 2 Tahun, Per Tahun Terima Rp 65 M

SUKABUMIUPDATE.com - Jorge Lorenzo akhirnya mendatangani kontrak dengan Honda selama dua tahun, mulai musim balap MotoGP 2019. Lorenzo akan berduet dengan Marc Marquez.

Kontrak Lorenzo dengan tim pabrikan asal Jepang tersebut dikabarkan bernilai 4 juta Euro setahun. Angka tersebut jika dikonversikan ke rupiah hampil senilai Rp 65 miliar. Lorenzo menggantikan Dani Pedrosa yang dilepas Honda, dan resmi diumumkan Selasa 5 Juni 2018.

Kesepakatan Lorenzo dengan Honda ditengarai sudah tercapai pekan lalu, bahkan sebelum pembalap asal Spanyol tersebut memenangi balap GP Italia di Mugello, Minggu 3 Juni. Lorenzo menang untuk kali pertama dalam satu setengah tahun terakhir, sejak dia pindah ke Ducati dari Yamaha.

Honda pada Januari lalu sudah memperpanjang kontrak Marguez, namun terus mencari pendampingnya. Beberapa pembalap tangguh sudah ditawari, antara lain Johann Zarco dan Andrea Dovizioso.

Zarco akhirnya memilih untuk dikontrak KTM, sementara Dovizioso bertahan di Ducati.

Lorenzo sendiri sempat dikabarkan akan kembali ke Yamaha, namun tidak di tim pabrikan. Yamaha saat ini sedang merancang projek membuat tim satelit, setelah kerjasama dengan Tech 3 berakhir tahun ini dan tim asal Prancis itu pindah ke KTM.

Projek tim satelit Yamaha MotoGP tersebut disponsori Petronas dan Monster Energi. Setelah Lorenzo memutuskan untuk menyambar tawaran Honda, sepertinya Pedrosa yang bakal hinggap di projek baru Yamaha tersebut dan akan berduet dengan Franco Morbidelli.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI