Sukabumi Update

Juni 2018 Populasi Kendaraan di Cina Capai 319 Juta Unit

SUKABUMIUPDATE. com - Menurut data Kementerian Keamanan Publik di Cina, jumlah kendaraan bermotor yang beredar di jalanan di per Juni 2018 mencapai total 319 juta unit. Dari angka itu, sebanyak 16,36 juta unit merupakan kendaraan baru yang terdaftar pada periode Januari-Juni 2018.

"Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 15,94 juta unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya," demikian disebut Biro Manajemen Lalu Lintas Kementerian.

Sementara itu, jumlah mobil energi terbarukan (mobil listrik, hybrid, plug-in hybrid, hidrogen) yang terdaftar mencapai 1,99 juta unit. Sebanyak 58 kota masing-masing memiliki lebih dari 1 juta unit mobil, dan tujuh kota di antaranya memiliki lebih dari 3 juta mobil.

Dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor ini, jumlah pengemudi berlisensi juga terus bertambah. Cina memiliki total 396 juta pengemudi kendaraan, dengan pengemudi berlisensi wanita mencapai 29,3 persen.

Cina merupakan pasar kendaraan bermotor terbesar di dunia sejak 2008 silam. Pada tahun 2017, total penjualan di negeri Tirai Bambu mencapai 30 juta unit. 24 juta unit di antaranya merupakan penjualan mobil penumpag.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI