Sukabumi Update

Uniknya Mobil Listrik Tertua di Dunia dan Paling Imut di Zamannya

SUKABUMIUPDATE.com - Dua mobil imut yang telah berusia puluhan tahun akan menjalani lelang bulan September di London, Inggris. Mobil itu adalah Zele 1000 yang merupakan mobil listrik dibuat pada 1974 dan Acoma yang diproduksi 1975. Si imut memang nyaman dipakai berkeliling di London yang merupakan salah satu kota yang padat, meski tak terlalu praktis. Kedua mobil kemungkinan akan ditawarkan dengan angka penawaran £ 5.000 atau sekitar Rp 92 juta.

Zele 1000 dirancang oleh Zagato, rumah desain yang terkenal di dunia, lebih dikenal karena ikut mendesain beberapa mobil Aston Martins dan Maseratis. Mobil yanga akan dilelang di Battersea, Sotheby pada 5 September adalah mobil listrik dengan dua tempat duduk kecil. Ada empat baterai 12 volt yang diisi dengan mencolokkannya langsung ke pasokan utama melalui trafo.

Si kuning hanya memiliki ruang untuk pengemudi dan satu penumpang. Dengan baterai 4 biji, mobil ini memiliki jangkauan hanya 80 kilometer, dan kecepatan tertinggi di atas 40 kilometer per jam. Dengan panjang kurang dari dua meter, Zele telah mengalami restorasi sejak 11 tahun lalu. Zele 1000 adalah salah satu dari 500 unit yang pernah dipasarkan.

Mobil kedua adalah ACOMA Mini Comtesse, kendaraan roda tiga buatan Prancis. Memiliki panjang 1,7 meter, mobil imut ini dilengkapi dengan mesin bensin 49cc dengan tenaga hanya 3bhp dengan kecepatan tertinggi 32 kilometer per jam.

ACOMA hanya memiliki ruang untuk satu penumpang. Meskipun single-seater, ACOMA memiliki dua pintu berengsel konvensional di sebelah kanan pengemudi dan pintu gullwing di sebelah kiri.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI