Sukabumi Update

Melihat Lebih Dekat Kawasaki W175 Street Tracker Milik Jokowi

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, menggunakan motor modif street tracker warna hijau, Minggu 4 November 2018. Motor ini menggunakan basis motor Kawasaki W175 yang aslinya bergaya British retro. Kawasaki W175 adalah adik dari Kawasaki W800 yang sangat populer dengan kapasitas mesin kecil 175cc.

Kawasaki W175 menggunakan mesin berkapasitas 177 cc, satu silinder dengan engine balancer, menghasilkan tenaga 13 PS pada 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm. Kawasaki W175 menggunakan karburator Mikuni VM24. Dalam penggunaannya di torsi rendah dan sedang, menjadikan tunggangan ini lebih hemat bahan bakar dan rendah emisi.

Sistem pembuangan bergaya peashooterdan pipa header lengkung. Rem depan dibekali double piston dengan piringan cakram 220 mm, roda belakang masih tromol. Pelek 17 inci dengan jari-jari krom dipilih untuk memperkental kesan klasik. Kawasaki W175 tipe standar dijual dengan harga Rp 29,8 juta dan SE Rp Rp 30,8 juta. Pada segmen ini, Kawasaki W175 hanya berhadapan dengan Benelli Motobi 152 dengan desain cafe racer.

Adapun motor Kawasaki W175 ini digarap bengkel Katros Garage yang berada di Kawasan Ciputat dengan model street tracker. Motor ini mengalami perombakan pada bagian rangka dan penggunaan tangki warna hijau dengan emblem bertuliskan Jokowi.

Kaki-kaki sudah berubah total pada bagian depan sudah menggunakan suspensi terkini up side down dengan warna kuning emas. Pengereman masih mengandalkan bawaan dan hanya ada penggantian pada selang rem. Ban sudah menggunakan ukuran besar mirip ban yang digunakan motor berjenis bobber.

Lampu depan sudah berganti dengan LED. Setang motor pun telah berganti dengan setang lurus. Tangan lebih tegap memegang kemudi. Spion pun menggunakan model bulat untuk menambah kesan klasik.

Di beberapa tikungan, Presiden tampak melambai kepada masyarakat yang menunggunya di pinggir jalan. Bila jalanan lurus, Presiden pun beraksi dengan menambah kecepatan. Ia mengaku perjalannya tersebut hanya ingin mencoba motor baru. "Ingin saja mencoba motor baru, tarikannya bagus, 'kan tidak ngebut, kita hanya 30 sampai 40 kilometer per jam," kata Jokowi di Pasar Anyar, Tangerang.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI