Sukabumi Update

Masuk Musim Hujan, Ini 3 Komponen Mobil yang Wajib Diawasi

SUKABUMIUPDATE.com - Tanah Air dalam waktu dekat akan memasuki musim hujan dan bagi kamu yang setiap hari mengendarai mobil, sebaiknya mulai mempersiapkan tunggangan untuk melibas jalanan basah bahkan tergenang air.

Dilansir dari laman Auto2000, setidaknya ada tiga komponen utama yang perlu diperhatikan sebelum mobil melaju di tengah hujan.

Pertama, memeriksa wiper kaca depan mobil. Komponen ini penting untuk menjamin pandangan pengemudi tidak terganggu kala mengemudi di tengah hujan.

Jika dinilai sudah kurang optimal, maka ada baiknya melakukan penggantian karet wiper atau penyeka kaca mobil. Penggantian ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan karet penyeka yang telah mengeras atau getas.

Selanjutnya sangat disarankan untuk tidak hanya menggunakan air saja untuk wiper fluid-nya, namun campurkan air dengan pembersih seperti shampoo atau screen wash. Campuran ini sangat terbukti untuk bisa membersihkan kotoran dengan maksimal di permukaan kaca.

Selain itu, kaca mobil juga perlu perhatian khusus. Sebaiknya gunakan rain repellant pada permukaan kaca. Produk ini bisa membuat efek daun talas di permukaan kaca mobil dengan cara kerja menutup pori-pori permukaan kacanya, sehingga air dengan mudah turun dan tidak mengendap sehingga menimbulkan jamur.

Tidak ketinggalan, perhatikan sistem pencahayaan. Lampu mobil dapat membantu visibilitas saat kondisi hujan. Maka pastikan semua lampu berfungsi dengan baik. Agar lebih optimal, bisa sematkan lampu tambahan lainnya seperti tail lamp dan city lamp.

Yang tak kalah penting adalah lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima, terutama dalam kondisi hujan.

Sumber: Suara.com

Editor : Yusuf

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI