Sukabumi Update

Mr Montir Sukabumi: Ini Cara Rawat CVT Motor Matic Kesayanganmu

SUKABUMIUPDATE.com – Motor matic kini makin digemari masyarakat Indonesia tak terkecuali Sukabumi. Walaupun perawatannya sama dengan motor umum (manual), pemilik motor matic harus cermat dan memahami teknologi pembedanya, yaitu Continously Variable Transmission (CVT).

CVT merupakan komponen paling penting yang menyalurkan putaran mesin ke roda belakang. Dari banyak komponen dalam boks CVT, yang paling mudah rusak adalah pulley.

BACA JUGA: Mr Montir Sukabumi Ajari Cara Deteksi Waktunya Ganti Oli Motor

Rizki Dianto, Senior Mekanik Mr Montir Sukabumi, memaparkan pulley CTV biasanya mulai bermasalah setelah motor berusia lebih dari satu tahun ke atas. “Tergantung perawatan, setiap komponen pasti akan haus tapi jika perawatan tepat dan baik maka usia pakainya lebih lama,” ungkap pria yang akrab disapa Rizki ini kepada sukabumiupdate.com, Kamis (12/12/2019).

Salah satu perawatannya adalah harus rutin melakukan pengecekan. Menurut Rizki pully CVT jangan sampai kering karena akan membuat laju motor sering tersendat.

Selain itu kondisi pulley yang kering juga sering kali menimbulkan suara atau bunyi yang tidak enak didengar. Perawatan pulley ujar dia dengan memberi grease atau gemuk pelumas. 

“Seharusnya minimal dua bulan sekali diperiksa, jika pulley kering harus langsung dilumasi dengan gemuk atau grease,” lanjutnya.

Karena saat memeriksa kondisi pulley harus membuka boks CVT maka tidak ada salahnya melakukan pengecekan pada komponen lainnya yang juga rentan rusak, yaitu roller. Komponen ini juga sangat berpengaruh pada laju motor matic. 

BACA JUGA: Mr Montir Sukabumi Ajari Cara Deteksi Waktunya Ganti Oli Motor

“Cek aja kalau bentuknya sudah tidak rata, maka harus cepat diganti. Ini penting karena roller yang rusak tapi dipaksakan akan merembet pada komponen lainnya. Ini penyakit menular juga,” beber Rizki memberi perumpamaan. 

Ia menambahkan jika motor selalu digunakan atau memiliki jam jalan tinggi, biasanya usia roller hanya bertahan hingga enam bulan. “Sangat tergantung kualitas rollernya juga kan sekarang banyak merk, paling aman enam bulan sekali diganti, atau periksa setiap dua bulan bersamaan dengan melumasi pulley yang kering.”

BACA JUGA: Mr Montir Hadir di Sukabumi, Siap-siap Servis Motor dapat Seabrek Promo

Untuk merawat CVT motor matic kesayangan disarankan selalu menggunakan jasa mekanik handal dan memiliki jaminan kinerja berkualitas. Datang saja ke bengkel motor Mr Montir di Jalan Pemuda Nomor 20, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. 

Atau follow official Instagram @mr.montir_sukabumi20 untuk mendapatkan beberapa tips perawatan motor. “Tak hanya melayani servis saja, Mr. Montir pun melayani ganti suka cadang atau spare part. Suku cadang yang dibutuhkan kosumen tersedia di Mr. Montir,” pungkas Rizki. 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI