Sukabumi Update

Bila Terpaksa Isi Eceran, Ini Cara Bedakan Bensin Murni dan Oplosan

SUKABUMIUPDATE.com - Mengisi bensin eceran terpaksa dilakukan para pengguna sepeda motor saat kepepet. Bisa jadi saat keasyikan berperjalanan dan berada di lokasi jauh dari SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar. Mau tidak mau, pilih penjual eceran.

Nah sayangnya, masih ada pedagang nakal yang mencampur alias mengoplos bensin untuk mencari keuntungan.

Jika digunakan pada sepeda motor pastinya dapat merusak komponen-komponen dalam dapur pacu. Bahkan dampak terparah bisa mengakibatkan turun mesin.

Dilansir dari Suara.com, meski dalam keadaan terdesak, sebenarnya ada beberapa cara sederhana untuk membedakan mana bensin yang asli dan oplosan.

Seperti dikutip dari Wahana Honda, berikut beberapa cara untuk membedakannya:

Pakai jari tangan

Caranya sederhana, hanya perlu mencelupkan jari tangan ke dalam bensin yang dijual. Tunggu beberapa detik dan amati bagaimana pengupan yang terjadi pada bahan bakar.

Jika mendapati bensin cepat hilang atau mengering maka hal tanda bahan bakar murni. Apabila sebaliknya, beberapa detik tidak ada perubahan dan meninggalkan zat sisa, indikator bensin oplosan.

Pakai koran bekas

Cara lain untuk menguji hal ini adalah koran. Pengunaan halaman bercetak tulisan dan gambar bisa dilakukan untuk mengetahui mana bensin oplosan dan murni.Coba teteskan secukupnya.

Bila bensin itu oplosan atau telah dicampur, menjadikan sebuah tulisan di koran luntur. Pasalnya, kebanyakan pengoplos mengunakan minyak tanah sebagai bahan campuran. Sedangkan tinta di koran tidak tahan dengan cairan ini.

Perhatikan warna bensin

Memperhatikan warna pada bahan bakar yang dijual juga bisa menjadi solusi. Meski diperlukan pengamatan yang sangat cermat, bila kerap mengisi bahan bakar di SPBU, pasti mudah untuk membedakannya.

Pada umumnya, bensin yang asli akan berwarna bagus. Premium kuning cerah, pertalite hijau, sedangkan pertamax merah layaknya sirup, dan biru tua untuk RON 92. Bila menemui selain warna ini saat mengisi bensin di pengecer, bisa dipastikan bensin oplosan.

Satu lagi, semua bensin yang asli tidak akan meninggalkan banyak endapan di dasar botol. Bahan bakar selalu bening tanpa terkontaminasi bahan lain.

sumber: suara.com

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI