Sukabumi Update

Tips Menggunakan Mobil Matik untuk Perjalanan Jarak Jauh

SUKABUMIUPDATE.com - Penggunaan mobil matik di dalam kota, cenderung tak jadi soal. Tapi lain hal ketika menempuh perjalanan dengan kontur jalan beragam. Sebagian orang mungkin akan kagok, apalagi saat hendak menyalip, menanjak, melewati turunan, dan sebagainya.

"Masih banyak loh, pengguna belum paham bagaimana cara menggunakan transmisi otomatis yang baik. Ada yang bilang kalau matik tidak bagus lah, mobil manual lebih responsif lah, dan seterusnya," kata Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi pada Selasa, 15 September 2020, dikutip dari Tempo.co.

Untuk itu, dia menyarankan beberapa tips dan trik. Khususnya untuk penggunaan mobil merek Daihatsu.

Tips dan trik ini diharapkan dapat membantu pengemudi memaksimalkan kinerja mesin dan transmisi itu sendiri.

Misalnya dalam kondisi ingin menyalip kendaraan yang berada di depan. Pertama, pengemudi perlu memastikan jarak atau ruang menyalip aman.

Setelah dipastikan terkendali, pengemudi disarankan untuk menggeser tuas transmisi otomatis (kick down) dari posisi D ke posisi D-3. Usai menyalip, pengemudi diharapkan menggeser kembali tuas transmisi ke posisi D.

Selanjutnya, bagaimana trik saat akan melewati tanjakan. Pada kondisi ini, pengemudi disarankan untuk menurunkan kecepatan lalu memindahkan tuas ke posisi 2 atau L dengan memaksimalkan putaran mesin yang tinggi atau RPM.

"Ini kami rekomendasikan apalagi kalau tanjakan ekstrim," ujar Technical Service Division Service Training Departement ADM, Aji Prima Nurcahya.

Sedangkan untuk kondisi jalan yang menurun atau turunan, disarankan juga menggunakan gigi rendah. Asuminya, agar engine break aktif untuk membantu sistem pengereman.

Adapun tips saat berhenti atau terpaksa karena lampu merah misalnya. Maka disarankan untuk memindahkan tuas transmisi ke mode N atau netral, rem tetap diinjak. 

Sedangkan saat akan melakukan start, pastikan tuas transmisi berada di posisi P. Setelah menyala, jangan langsung dijalankan, tunggu beberapa menit atau paling tidak sampai RPM stabil.

Selain itu tips dan trik melewati beragam kontur jalan yang kompleks saat perjalanan jarak jauh, Aji Prima juga membagikan tips menghemat pemakaian bahan bakar pada mobil matik.

Caranya, kata dia, berupaya menjaga kestabilan kecepatan dengan RPM 2.000 - 3.000 pasa mode D. Kalau pun, sesekali perlu menambah kecepatan, pastikan pedal gas diinjak secara halus. "Cara ini menghemat bahan bakar," ujarnya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI