Sukabumi Update

Musim Banjir, Simak 4 Tips Merawat Ban Mobil

SUKABUMIUPDATE.com - Ban mobil mesti dicek apalagi pada musim penghujan yang membawa banjir akhir-akhir ini. Ban berperan vital pada kenyamanan dan keselamatan berkendara.

"Sebagai komponen mobil yang bergerak yang secara langsung bersentuhan dengan permukaan jalan ban memiliki peranan penting dan membutuhkan pengecekan dan perawatan secara berkala," kata Boediarto, Head of After Sales & CS Operation PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dikutip dari Tempo.co, Selasa, 22 September 2020.

Dia menerangkan bahwa pengecekan dan perawatan dapat dilakukan dengan melakukan rotasi ban, memeriksa tekanan udara, melakukan spooring dan balancing, serta mempersiapkan kondisi ban cadangan.

Boediarto lantas mengungkapkan poin penting dalam pengecekan ban mobil adalah mengecek tekanan udara. Pengecekan ini sangat mendasar dan mudah sebab dapat diketahui hanya dengan melihat ban mobil.

Standar tekanan udara dalam ban mobil juga mesti dicek. standar ukuran tekanan udara bisa dilihat di pilar B bagian pintu depan kanan pada sisi pengemudi. Informasi serupa juga ada di buku manual kendaraan.

Dia mengingatkan pengguna mobil agar secara berkala merotasi ban bagian depan dan belakang. Tujuannya, agar tingkat keausan ban merata sehingga mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Rotasi ban ini direkomendasikan tiap kelipatan 10.000 km.

Boediarto juga menyarankan rutin spooring dan balancing ban mobil untuk melihat kelurusan ban. Idealnya spooring dan balancing dilakukan setiap 10.000 km, bersamaan dengan rotasi ban.

"Jika Anda merasakan setir mobil terasa bergetar atau sudah tidak lurus lagi. Atau mobil cenderung berjalan ke kanan atau ke kiri. Ini indikator untuk melakukan spooring dan balancing," tuturnya. 

Muatan mobil pun mempengaruhi kondisi ban mobil. Usia ban ditentukan oleh gaya berkendara. Jangan melebihi kapasitas beban angkut karena akan mengganggu fungsi ban dan pengereman sehingga berpotensi membahayakan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Pengguna mobil, Boediarto melanjutkan, sebaiknya secara berkala memeriksa ban mobil cadangan. Meskipun fungsinya sebagai cadangan, tapi harus tetap dipastikan bahwa ban cadangan akan berfungsi baik.

"Pastikan untuk mengganti ban di tempat yang aman dari kendaraan lain dan pasang segitiga peringatan di belakang mobil," katanya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI