Sukabumi Update

Aki Kering Soak? Untuk Sementara, Mari Tangani Sendiri

SUKABUMIUPDATE.com - Kejadian aki kering di sepeda motor mengalami soak atau tidak berperforma, bisa saja dialami ketika tengah melakukan perjalanan. Bila lokasi dekat dengan bengkel atau tempat perbaikan bisa dikontak dan merespon dengan cepat, mungkin mengurangi kesulitan hampir 50 persen bahkan lebih. Namun bila berada di tempat yang tidak disangka-sangka, tentu membuat situasi runyam.

Jika sudah demikian biasanya sepeda motor akan sulit dinyalakan karena sumber listrik yang tersedia tidak memadai.

Untuk mengatasinya, diperlukan keterampilan mandiri. Siapkan alat bantunya sehingga aki soak bisa ditangani cukup mudah.

Mengutip Suara.com dari Suzuki Indonesia, ada beberapa langkah untuk membuat aki kering yang soak menjadi berperforma kembali.

Berikut langkah memperbaiki aki kering dan sebaiknya sediakan peranti yang dibutuhkan di kendaraan, sehingga bila ada kejadian tidak perlu dilanda kepanikan berlebih:

Sarana atau alat bantu berupa kabel jumper

Alat satu ini bisa dimiliki setiap pemilik kendaraan dengan mencarinya di toko aksesoris dan perlengkapan kendaraan.

Ketika memiliki alat jumper sendiri pemilik kendaraan tidak akan bingung saat aki kering soak. Diimbau agar saat memakai alat satu ini harus berhati-hati agar tidak terjadi korsleting.

Alat bantu yang disebut charger transformer

Berbentuk seperti mesin trafo yang memiliki daya listrik untuk mengisi aki secara otomatis. Cara kerjanya mirip adaptor smartphone. Alat semacam adaptor ini bisa ditemukan di berbagai toko penjualan alat elektronik dan biasa dipakai penjual jasa isi ulang aki.

Ciri-ciri aki kering soak

Kebanyakan pemilik motor tidak memperhatikan aki kendaraannya karena letaknya yang ada di dalam mesin dan tidak terlihat secara langsung.

Secara umum, aki sepeda motor memiliki kandungan air dan untuk pemakaian jangka panjang bisa kering. Body utama mesin tempat aki bertengger menjadi lebih gemuk atau menggelembung.

Kondisi paling umum adalah mesin sulit distarter. Kendaraan dengan pasokan aki tidak lancar akan mogok dan cenderung tersendat-sendat saat dihidupkan.

Performa klakson tidak lagi maksimal. Kebanyakan aki soak menyebabkan suara klakson melemah tidak sekuat biasanya dan semakin berat. Suara klakson lemah ini dapat membahayakan pengendara bila terus diabaikan.

Kondisi lain adalah lampu yang meredup.

Deteksi paling kentara adalah lampu meredup dan klakson lemah. Kedua hal ini akan berakibat fatal apabila terus diabaikan.

Jangan lupa pula, bila kondisi sudah teratasi, di kesempatan pertama datangilah bengkel langganan untuk memastikan si aki kering perlu diisi ulang atau harus ganti baru.

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI