Sukabumi Update

Palabuhanratu Menuju Jakarta Bakal Pakai Tongkang

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Kabupaten Sukabumi diunggulkan dengan Palabuhanratu yang memiliki potensi di sektor kelautanya. Selain menjadi sebuah objek wisata unggulan juga dapat menjadi sarana perhubungan laut.

Dalam agenda kunjungannya ke Palabuhanratu untuk meninjau Dermaga Pelabuhan Laut Pengumpan Regional (PLPR), Budi Karya mendapat masukan dari masyarakat tentang kebutuhan akses koneksifitas laut.

BACA JUGA:  PLPR Palabuhanratu Rampung 2019, Menhub Minta Pemda Ikut Membantu

Melalui jalur laut, masyarakat dapat mengangkut hasil bumi dan berbagai macam barang melalui Palabuhanratu dengan tujuan ke kota-kota lain khususnya Jakarta.

Menhub menilai sarana transportasi laut bisa menggunakan tongkang. Budi menyebut, transportasi laut lebih efisien dibanding dengan jalur darat. Menurut dia, jalur darat ongkosnya tinggi dan merusak jalan sedangkan muatannya pun hanya 20 ton. 

"Pakai tongkang, ngantar hasil bumi, hasil tambang dan mendatangkan barang-barang tertentu kesini lebih efisien. Karena bayangin satu tongkang itu bisa 7.000 ton hingga 7.500 ton," ujarnya.

BACA JUGA: Kembangkan Hasil Pertanian, Warga Desa Sukatani Sukabumi Dilatih Olah Makanan

Maka dari itu, dermaga PLPR yang bakal rampung pada 2019 harus mendapat dukungan dari semua pihak dalam proses pembangunannya.

"Ini saya minta kepada teman-teman Sukabumi gunakan semaksimal mungkin. Kita ingin pada tahun 2019 itu pelabuhan ini memang semarak dan berfungsi untuk masyarakat," ujarnya

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI