Sukabumi Update

Cegah Sengketa Lahan, Pemkab Sukabumi  Gelar Bimtek Penanganan Konflik

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Sukabumi menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penanganan permasalahan tanah bagi aparat desa di salah satu hotel, Jalan Cikukulu, Cicantayan, Senin (16/4/2018).

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 16 hingga 17 April 2018 tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi dan diikuti sebanyak 30 peserta dari tiga kecamatan antara lain Cisaat,  Kadudampit dan Cicantayan.

BACA JUGA: Jaring Atlet Croser, Pemkab Sukabumi Gelar Grasstrack Bupati Cup 2018

Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri menuturkan, kegiatan ini dilatarbelakangi wilayah Kabupaten Sukabumi yang merupakan kabupaten terluas se-Jawa dan Bali setelah Banyuwangi. Dengan hamparan tanah yang begitu luas sehingga  potensi permasalahan pertanahan akan begitu besar.

Oleh karena itu, kata Iyos, para perangkat desa dipandang perlu untuk mampu menyikapi berbagai permasalahan yang terkait dengan konflik pertanahan.

"Untuk itu secara perlahan tapi pasti  para aparatur desa ini harus dibekali  dengan pengetahuan terkait masalah penanganan pertanahan," jelasnya.

Iyos menegaskan, malalui kegiatan ini pihaknya ingin mengeliminir dan memberi gambaran kepada aparat desa tentang bagaimana tata cara penyelesaian pertanahan.

BACA JUGA: Pembukaan Kejuaraan Karate Piala Bupati Sukabumi 2018

"Karena sebagai aparatur pemerintah desa dituntut untuk dapat menyelesaikannya dengan "Win Win Solution" dan tidak memposisikan sebagai aparat yuridis," tandasnya.

Dirinya berharap, dengan hadirnya Dinas Pertanahan dan Tata Ruang bisa mengurai permasalahan-permasalahan sengketa lahan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI