Sukabumi Update

Jambore Literasi, Sekda Kabupaten Sukabumi: Budaya Baca Ciptakan Generasi Unggul

SUKABUMIUPDATE.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, membuka Jambore literasi kabupaten di Komplek GOR Cisaat, Selasa (24/04/2018).

Acara yang dicanangkan Sekda tersebut, pembukaannya ditandai dengan dengan pemukulan gong.

Menurutnya, saat ini gerakan literasi mulai ditingkatkan kepada seluruh lapisan masyarakat karena merupakan hak setiap orang untuk belajar sepanjang hayat.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Minta DPMPTSP Suguhkan Layanan Berkualitas

Dengan meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu, kata Iyos, diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu, keluarga maupun dalam masyarakat.

“Membaca harus menjadi suatu kebutuhan bagi kita semua karena bisa menambah pengetahuan, sehingga generasi muda di Kabupaten Sukabumi dapat menjadi generasi yang memiliki budaya gemar membaca agar menjadi generasi yang unggul,” jelas Iyos.

Dirinya menambahkan, jika mendengar kata literasi, secara umum masyarakat menganggap bahwa literasi adalah sesuatu yang berkaitan dengan keinginan membaca dan menulis.

“Karena di satu sisi fenomena gerakan literasi ini memang berupaya untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis masyarakat melalui berbagai program,” ungkapnya.

Iyos berharap, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan harus mampu mendukung terwujudnya salah satu misi Kabupaten Sukabumi yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan religius.

BACA JUGA: Jurus Sekda Kabupaten Sukabumi Cegah Kasus Tawuran Tidak Terjadi Lagi

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim mengungkapkan, jambore literasi berlangsung selama satu hari  dengan menampilkan stand-stand perpustakaan desa binaan.

Adapun tujuannya adalah membudayakan gerakan literasi dan mensosialisasikan pentingnya literasi bagi masyarakat  dan  menobatkan bunda literasi kabupaten dan kecamatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI