Sukabumi Update

Kasus Penyekapan TKW Sukabumi, Komisi IV DPRD: Ini Jadi Pelajaran

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Leni Liawati, mengaku miris mendengar kabar adanya tenaga kerja wanita (TKW) asal Kampung Sindanghayu RT 06 RW 03 Desa Wanasari Kecamatan Surade disekap pria kenalannya di Arab Saudi.

Menurutnya, perdagangan manusia dengan modus menjanjikan pekerjaan banyak terjadi dan ini dialami oleh kalangan perempuan dan anak-anak. 

BACA JUGA:  TKW Asal Surade Sukabumi Hilang Kontak di Arab, Keluarga Diminta Lapor Polisi

“Dampaknya pun beragam seperti masuk dalam jurang prostitusi (PSK), eksploitasi tenaga kerja dan sebagainya,” jelas Leni kepada Sukabumiupdate.com, Kamis (3/5/2018).

BACA JUGA: TKW Hilang Kontak Asal Surade Sukabumi Diduga Korban Perdagangan Orang

Leni menjelaskan, dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Nomor 260 tahun 2015 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia pada Pengguna Perseorangan seharusnya sejak 2015 tidak ada lagi TKW yang diberangkatkan ke Timur Tengah.

Ia menghimbau agar masyarakat dapat mengambil pelajaran dari kasus yang kerap terjadi sehingga lebih berhati-hati apabila ada agen atau perseorangan yang menjanjikan pekerjaan lebih baik konsultasikan dengan pemerintah setempat.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI