Sukabumi Update

Bupati Sukabumi: Festival Pesta Rakyat Kampung Budaya Upaya Lestarikan Budaya Lokal

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, membuka Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah di Kampung Cipetir, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kamis (10/5/2018).

Dalam kesempatan itu dirinya memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat Kampung Budaya Lembur Tengah atas inisiatif  dan gagasannya menyelenggarakan kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  Bupati Sukabumi: Hardiknas Momentum Introspeksi Diri

Menurut Marwan, kegiatan ini menjadi wahana pelestarian keanekaragaman budaya lokal, khususnya di Kabupaten Sukabumi sekaligus ajang silaturahmi diantara para budayawan, seniman, komunitas adat, pakar budaya maupun segenap aparatur pemerintah guna mempercepat strategi pelestarian budaya berbasis kearifan lokal.

“Sebagaimana dimaklumi Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah merupakan salah satu budaya yang tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Jawa Barat. Tentunya budaya-budaya tersebut telah melalui perjalanan  panjang dalam perkembangan  seni dan budaya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Marwan menyatakan, festival ini merupakan  salah satu upaya menjaga kelestarian serta kesinambungan seni dan budaya lokal, meski  derasnya informasi, komunikasi dan teknologi belakangan ini membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat.

BACA JUGA: Peringatan Hardiknas di Kota Sukabumi Diwarnai Tawuran Pelajar

“Namun dengan potensi budaya dan seni lokal  yang kuat sebagai warisan, para pelaku, peminat dan pecinta seni dan budaya tradisi akan dapat tetap eksis menjadi warisan berharga dari generasi ke generasi,” tuturnya.

Di akhir acara Bupati bersama Masyarakat kampung Lembur tengah melaksanakan Makan Liwet bersama. Turut hadir pada kesempatan tersebut kadis Pariwisata, Camat Kadudampit serta undangan lainnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI