Sukabumi Update

Merasa Dianaktirikan, Warga Tiga Desa di Pabuaran Sukabumi Swadaya Perbaiki Jalan

SUKABUMIUPDATE.com - Warga dari tiga desa di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan umum secara swadaya. Jalan yang diperbaiki sudah belasan tahun rusak.

Para warga tersebut berasal dari Desa Ciwalat, Lembursawah, dan Sukajaya. Jalan rusak yang diperbaiki berstatus dibawah pengelolaan Pemkab Sukabumi, sepanjang 11 kilometer.

BACA JUGA: Rusak Akibat Truk Tambang, Warga Swadaya Perbaiki Jalan Padabeunghar Sukabumi

"Kami merasa tidak diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten. Padahal pada saat itu, hampir 100 % warga sini mendukung bupati sukabumi pada Pilkada," ujar Emad (52 tahun), Ketua RT di Kampung Ciselut, Desa Ciwalat ditemui sukabumiupdate.com, Rabu (30/5/2018).

Perbaikan dilakukan dengan material seadanya, yang dibeli dari hasil urunan warga. Meski tak utuh diperbaiki, warga tetap semangat bergotong royong.

Emad menambahkan, keberadaan akses jalan yang baik sangat diperlukan oleh warga. Jalan yang diperbaiki merupakan akses utama bagi warga dari tiga desa.

Kepala Desa Ciwalat, Makbullah mengatakan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak dengan kerusakan jalan yang ada di wilayahnya. Jalan yang rusak bukan dikelola oleh pemerintah desa.

"Itu jalan kabupaten. Kami tidak bisa mengeluarkan anggaran untuk perbaikan jalan, kecuali yang dikelola oleh pemerintah desa. Adanya swadaya ini, kami mendukung aksi warga tersebut," ungkap Makbulah.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI