Sukabumi Update

Kekurangan PJU, Dishub Kabupaten Sukabumi Ajak Desa Ikut Berperan

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi mengakui masih kekurangan sarana pendukung jalan, salah satunya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan kabupaten maupun desa.

Kadishub Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana mengatakan, Kabupaten Sukabumi masih banyak wilayah yang belum tersentuh lampu PJU oleh pemerintah.

BACA JUGA: H+1 lebaran, Petugas Dishub Kabupaten Sukabumi Urai Kemacetan Lalu lintas

"Setiap tahun itu sekitar 500 buah PJU dipasang di jalan kabupaten, sedangkan jika dihitung dengan panjang jalan nasional, provinsi dan kabupaten lebih dari 2.200 kilometer maka dibutuhkan sebanyak 22 ribu titik PJU sesuai jarak antar PJU 100 meter," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com setelah selesai sosialisasi tentang PJU di aula Dishub.

Saat ini, kata Thendy, jumlah PJU yang ada di Kabupaten Sukabumi sekitar 4.400 titik dan diperkirakan masih kekurangan 22 ribu titik PJU.

"Makanya kita membuat gagasan atau inovasi bagaimana desa bisa berperan dalam membantu sarana pelengkap jalan desa (PJU), dengan dana desanya akan bisa meminimalisir kekurangan PJU di sejumlah wilayah, "jelasnya.

Masih kata Ia, inovasi tersebut tinggal membuat aturannya, Perda, Perbub atau lainnya. Sementara para kepala desa dan camat yang hadir di soaialisasi menyambut baik gagasan tersebut.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI