Sukabumi Update

Permintaan Sudah Dipenuhi Perumda AM, Warga Cidahu Sukabumi Masih Protes Penambahan Debit Air

SUKABUMIUPDATE.com - Belasan warga kampung Cipanas, Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, datangi kantor desa Pasir Doton, Rabu (4/7/2018).  Warga mempertanyakan rencana Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) melakukan pemasangan pipa saluran air untuk menambah debit air dari sumber mata air cipanas.

"Jelaslah pak, kami selaku warga yang dekat dengan Sumber Mata Air (Perumda AM TJM) merasa dikucilkan, bahkan ini kali ketiga penambahan debit air," ujar Deden (49 tahun) salah satu warga kepada sukabumiupdate.com usai pertemuan di kantor Desa Pasirdoton.

Kedatangan warga ke kantor desa hanya menyampaikan keinginan warga, agar bisa disampaikan ke pihak PDAM khususnya. "Hari ini, kami selaku warga hanya menyampaikan tuntutan, agar bisa disampaikan kepihak bersangkutan agar kami tidak menanggung dampak kekeringan saja setiap tahun," tuturnya.

Terpisah, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kamaludin Zein menjelaskan, Pihak Perumda AM sudah melakukan sosialisasi jauh-jauh hari untuk penambahan debit air dari sumber Cipanas. Pada dasarnya, Kata Zein, anggaran tidak akan keluar jika belum ada sosialisai.

"Kita sosialisasi sudah hampir dua tahun dan warga sudah menyepakatinya," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Perumda TJM Palabuhanratu Pemakaian Air Bersih Meningkat

Menurut Zein, Muspika Cidahu ikut menyaksikan sosialisasi dan menyepakati dengan tanda tangan, terkait permintaan warga. Perumda AM TJM sudah memenuhi permintaan tersebut, diantaranya perbaikan saluran irigasi, dan sumber air lainnya. 

"Kita memgajukan penambahan debit air itu, tahun 2016-2017 dan baru sekarang anggarannya keluar, kemarin pun kira melakukan sosialisasi waktu pengerjaannya dimulai diikuti oleh lima kepala Desa dan unsur muspika," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI