Sukabumi Update

Bupati Sukabumi Harap Aplikasi SILALA Tingkatkan MutuTatakelola BOS

SUKABUMIUPDATE.com - Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah pusat dalam penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang mana, laporan pertanggungjawaban mengenai pengelolaan dana BOS tersebut dilaksanakan secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien dan transparan guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik. 

Kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam sambutannya saat melaunching Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) BOS satuan pendidikan dasar yang berbasis Sistem Laporan Langsung (SILALA) yang ditandai dengan penekanan Sering di salah satu hotel, Jalan Salabintana, Rabu (11/7/2018).

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan secara simbolis beasiswa bagi siswa berprestasi dari Keluarga kurang mampu serta penyerahan modul aplikasi bagi perwakilan Kepala Sekolah serta Pengawas SD dan SMP.

Untuk itu, dirinya sangat mengapresiasi gagasan dan langkah inovatif Dinas Pendidikan yang telah mendorong pemanfaatan teknologi informasi dalam melakukan pengadministrasian dana BOS melalui Aplikasi SILALA pada lingkungan Dinas Pendidikan dapat terwujud.

“Dengan hadirnya Aplikasi SILALA ini semoga dapat meningkatkan pelayanan, pengelolaan dana BOS agar LPJ-nya lebih cepat, tepat dan akurat yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan mutu layanan di sekolah dan pendidikan di Kabupaten Sukabumi ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

Marwan berharap, aplikasi ini tidak hanya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sukabumi, akan tetapi juga sebagai langkah Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangannya.

BACA JUGA: Hadiri HUT Bhayangkara, Ini yang Diucapkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi

“Karena komitmen bagi kita, WTP ini harga mati, untuk itu semuanya harus bisa dipertanggungjawabkan, lebih tertata, lebih tercatat, sehingga bisa mendorong sistem informasi berbasis teknologi dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sukabumi yaitu terwujudnya Kabupaten Sukabumi Yang Religius dan Mandiri, dan juga menjadikan Sekabumi kearah yang lebih baik,” tegasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin mengutarakan, tujuan pengelolaan dana BOS berbasis Aplikasi SILALA ini untuk meningkatkan pengelolaan dana BOS agar pertanggungjawabannya lebih tertib, efektif, efisien dan transparan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI