Sukabumi Update

Dari Mencoba Ikan Asin, Menhub Bakal Gandeng Susi Pudjiastuti Soal Dermaga Cisolok Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengunjungi Kabupaten Sukabumi. Kali ini, agenda kunjunganya di kawasan Pantai Palabuhanratu. Adapun agenda utamanya peninjauan giat padat karya Pemakaman di Kampung Pajagan, Desa Cikahuripan dan peninjauan Pelabuhan Perikanan Cisolok.

Dalam agenda ini, Menhub tidak sendiri karena didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat M Iriawan, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, anggota DPR RI Dewi Asmara dan Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi.

BACA JUGA: Tinjau Program Padat Karya di Palabuhanratu, Menhub: Nelayan Tidak Melaut Dapat Pekerjaan

Selain meninjau giat padat karya, Menhub juga melihat pengolahan ikan asin di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok.

Anggota DPR RI Dewi Asmara yang mendampingi Menhub mengungkapkan, kelompok nelayan di Desa Pasirbaru ini merupakan binaan sebagai bentuk kepedulian terhadap nelayan agar nelayan masih bisa mendapatkan pendapatan di saat musim paceklik.

Menhub melihat pengolahan ikan asin di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok. |Sumber Foto: Nandi

"Kita coba alternatif yang bisa membantu masyarakat nelayan untuk mempunyai penghasilan selama musim paceklik ya seperti membuat ikan asin, dendeng ikan, pokoknya olahan ikan asin. Sudah sekitar 3-4 kelompok dan masih merupakan percontohan secara bergulir. Kami bina, kami berikan permodalan, Insyaallah ke depan kita bisa masukan padat karya lagi tapi khusus budidaya pengolahan ikan asin," pungkasnya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi usaha para nelayan dalam membudidayakan pembuatan ikan asin.

"Tadi saya coba ikan asinnya enak sekali dan kelihatan profesional. Apa yang dilakukan adalah memberikan suatu bimbingan kepada mereka (nelayan) supaya ikan asinnya bersih dan higenis. Sehingga nanti kalau dijual bisa dipertanggungjawabkan. Kami harapkan apa yang dilakukan di Kabupaten Sukabumi harus jadi contoh untuk ditempat-tempat yang lain khususnya di Jawa Barat," jelas Budi.

BACA JUGA: Tinjau Program Padat Karya, Warga Desa Cikahuripan Palabuhanratu Doakan Ini untuk Menhub

Tak hanya pengolah ikan asin, Menhub juga meninjau pembangunan dermaga pemecah gelombang atau breakwater di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok. Terkait hal ini, Menhub akan berkoordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Pembangunan kita akan koordinasikan dengan ibu Susi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Karena lingkup pekerjaan ini adalah lingkup KKP. Yang dilakukan oleh Kemenhub adalah yang dermaga untuk kegiatan diluar nelayan," jelasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI