Sukabumi Update

Mantapkan Pengadaan Barjas, Pemkab Sukabumi Gelar Sosialisasi E-Catalog LKPP

SUKABUMIUPDATE.com – Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Dody Achdiyat Somantri membuka sosialisasi E-Catalog Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa  atau barjas Pemerintah (LKPP) yang ditandai dengan pemukulan Gong di salah satu hotel, Jalan Selabintana, Selasa (28/8/2018).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan tentang E- Catalog dikalangan pemerintahan.

Plh Sekda Kabupaten Sukabumi Dody Achdiyat Somantri menuturkan, sebagaimana tertulis dalam Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018, definisi pengadaan barang/ jasa oleh kementerian/lembaga/perangkat daerah yang dibiayai oleh APBD/APBN yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Sehingga dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa di Kabupaten Sukabumi wajib hukumnya untuk mentaati yang telah ditetapkan oleh peraturan presiden.

Dikatakan pula, salah satu pengaturan baru dalam Perpres 16 tahun 2018 ini adalah pengaturan tentang E-marketplace pengadaan barang/jasa pemerintah yang merupakan pasar elektronik yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan barang /jasa pemerintah yang terdiri dari katalog elektronik, toko daring maupun pemilihan penyedia dengan menggunakan sistem yang sudah dibuat oleh LKPP yaitu SPSE. Untuk katalog sendiri berdasarkan jenisnya dibagi menjadi tiga yaitu katalog nasional, katalog sektoral dan katalog lokal.

“Semoga melalui acara sosialisasi e–catalog LKPP ini, pemerintah kabupaten khususnya dapat mewujudkan harapan pemerintah dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa,“ harapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Perwakilan LKPP, Para pejabat esalon II, esalon III dan esalon IV, para pejabat fungsional di Kabupaten Sukabumi, perwakilan PT Bhineka Mentari Dimensi dan tamu undangan lainnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI