Sukabumi Update

Sosialisasi E-Katalog di Sukabumi, LKPP Arahkan Pemda Lakukan Pengadaan Secara Online

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP)  mulai mengarahkan pemerintah daerah untuk beralih dalam mengajukan pengadaan barang dan jasa. Bukan lagi melalui cara konvensional, melainkan dengan sistem online, atau program e-katalog.

Penelaah Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa LKPP, Muhamad Saifudin, menjelaskan pihaknya ingin mengikuti perkembangan zaman dengan membuat pasar online shop untuk pemerintah. Salah satunya menggaet bhineka.com sebagai bagian dari online shop yang menyediakan barang untuk pemerintah.

"Jadi yang menyediakan pasarnya pemerintah. Kita membuat online shop ini untuk memudahkan penyediaan barang untuk pemerintah. Karena trend saat ini adalah belanja online," ungkap Saifudin kepada sukabumiupdate.com, disela sosialisasi e-katalog, Selasa (28/8/2018) di salah satu hotel kawasan Selabintana, Kabupaten Sukabumi.

Saifudin juga menegaskan, harga yang diterapkan di e-katalog mesti lebih murah atau maksimal setara dengan harga pasaran.  LKPP tak akan segan memberikan sanksi kepada penyedia yang mematok harga di atas pasaran.

"Ada penyedia alat kesehatan, mesin pertanian, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Jadi tidak lagi menggunakan pola konvensional. Ada banyak sekali barang yang disediakan di sana. Disosialisasikan supaya semua daerah tahu," tandasnya.

Di tempat yang sama, Corporate Sales Manager Bhineka.com, Yoana Try Agustina, mengatakan metode online shop akan mempermudah belanja menjadi lebih cepat dan efisien. Pengiriman barang pun langsung diproses tanpa harus mengisi dokumen-dokumen seperti metode konvensional yang biasa dilakukan.

BACA JUGA: Mantapkan Pengadaan Barjas, Pemkab Sukabumi Gelar Sosialisasi E-Catalog LKPP

"Jadi persis seperti pembelanjaan secara online namun khusus untuk pemerintah. Regulasi pembayaran juga mengikuti proses di pemerintahan, yaitu terima barang terlebih dahulu, baru setelah itu dilakukan proses pembayaran," imbuh Yoana.

Barang yang tersedia, sambung Yoana, juga sudah lolos verifikasi LKPP terlebih dahulu. Kualitas barang juga sudah terjamin.

"Barang yang tersedia sudah memiliki garansi resmi. Sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan LKPP. Barang dari kami khusus berupa perangkat komputer dan kelengkapannya, termasuk notebook," pungkas Yoana.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI