Sukabumi Update

DPRD Kabupaten Sukabumi, Belajar Pengembangan Wisata ke Bangka Belitung

SUKABUMIUPDATE.com - Pucuk pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, melakukan Kunjungan Kerja (Kungker) atau study banding bidang pariwisata ke Kabupaten Belitong, Provinsi Bangka Belitung.

Kunjungan untuk mencari ilmu dalam pengembangan wisata Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu (GNCP) pada tanggal 28 hingga 30 Agustus 2018. Diawali hari pertama kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Belitong dan berkunjung ke lokasi geopark, tepatnya di lokasi syuting film Laskar Pelangi yang melegenda.

"Awalnya bekas lokasi tambang timah namun sekarang dibuat menjadi lokasi geopark dan dilanjutkan malam hari meninjau lokasi pengembangan wisata yang dibangun Pemda Belitong untuk tempat berkumpul usaha muda khusus warga Belitung," ujar Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (31/8/2018).

Agus menambahkan point yang didapat adalah mengembangkan bekas galian tambang timah menjadi daerah wisata yang berkembang dan prospektif.

"Tentunya ini menjadi cerminan untuk Pemda Sukabumi yang sama-sama sudah ditetapkan oleh Unesco GNCF. Sementara Sukabumi mempunyai laut yang lebih panjang dan luas, namu itu tidak cukup ada perhatian lebih dari Pemda," ujar Agus.

BACA JUGA: Dispar dan DPRD Kabupaten Sukabumi Bakal Sulap PH Jadi Ekowisata

DPRD akan mendorong pokok-pokok pemikiran dalam rangka pengembangan pariswisata, supaya lebih fokus. Seperti menyiapkan spot-spot khusus, pengembangan industri lokal, dan membuatkan tempat masyarakat untuk berkumpul dalam membuat ekonomi kreatif.

Masyarakat lokal di Belitong menjadi warga produktif pariwisata khususnya memanfaatkan kawasan pesisir dengan hasil lautnya.

"Alhamdulillah kita sebagai pimpinan mendapat masukan-masukan yang lengkap. Insya Allah kita akan tuangkan hasil masukan dari sana, minimal dalam tahun 2019 mendatang menjadi kebijakan Pemda yang harus lebih fokus mengembangkan pariwisata," tukas Agus.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI