Sukabumi Update

Dispar Kabupaten Sukabumi Minta Masyarakat Terlibat Merawat Fasilitas di Objek Wisata

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Dana Budiman meminta masyarakat bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas objek wisata. Menurut dia, pemerintah terus berupaya melengkapi beragam sarana dan prasrana di lokasi objek wisata, karena merupakan fasilitas umum sehingga masyarakat harus berperan aktif menjaganya.

"Kami akan mengevaluasi secara menyeluruh kelengkapan infrastruktur, baik sampah dan yang lainnya namun tetap ada peran dari warga," kata Dana Budiman disela gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona, bebersih di kawasan Pantai Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (19/9/2018).

Dana mengungkapkan, ada banyak kejadian dimana sarana yang sudah dibangun tapi kemudian malah rusak. Seperti halnya toilet diberbagai tempat destinasi wisata, pada awalnya sudah dibangun dan ditata sedemikian rupa agar toilet berfungsi dengan baik. Namun pengelola kurang peduli sehingga ada sebagian toilet tidak berfungsi.

"Kami sudah menghimbau bahkan sudah mengadakan pertemuan agar toilet yang ada di destinasi wisata segera dirawat baik oleh Karang Taruna atau kompepar," ujarnya.

Menurut Dana, khusus untuk Geopark, pihaknya terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana agar mengimbangi Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang sudah bertaraf internasional. Soal bandara, Dana pun berharap secepatnya dibangun.

BACA JUGA: Kemenpar Siap Dukung Pengembangan Pariwisata Sukabumi

"Infrastruktur jalan sedang kami bangun, termasuk rencana pembangunan bandara kendati masih dalam pertimbangan apa di Citarate Ujunggenteng atau Cikembar, kami sih berharap bandara bisa terwujud di kawasan Geopark ini di Citarate Ujunggenteng," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI