Sukabumi Update

Pemkab Sukabumi Sebut Keterlibatan Masyarakat Begitu Penting Dalam Penanganan Bencana

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah mengingatkan pihak pemerintah Kabupaten Sukabumi tentang penanganan dampak bencana.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasit mengatakan, dampak bahaya bencana alam tidak akan bisa ditanggulangi pemerintah saja, harus ada kerjasama semua pihak terutama masyarakat sehingga kemungkinan terburuk dari bencana alam dapat diminimalisir.

"Kita memang harus melakukan hal ini karena akhir ini sering terjadi bencana di berbagai wilayah, jadi perlunya rapat koordinasi ini," ujar Asep Abdul Wasit dalam rapat koordinasi simulasi tanggap darurat bencana bersama jajaran Polres Sukabumi di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Senin (8/10/2018).

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Berencana Pindahkan Makam Pahlawan ke Taman Kota

Asep menuturkan, rapat koordinasi tersebut dilaksanakan agar seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat dapat saling bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mengurangi dampak bahaya bencana alam.

Menurut dia, penanganan bencana alam harus bersifat komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak, terutama partisipasi masyarakat yang peduli terhadap upaya pengurangan risiko. Untuk itu pemerintah daerah meminta seluruh peserta rapat koordinasi agar kembali menyosialisasikan kepada masyarakat luas sehingga pengurangan risiko bencana alam dapat ditekan.

"Dengan kembali menyosialisasikan, saat musibah bencana alam datang melanda masyarakat diharapkan tidak panik dan mengetahui langkah apa yang dilakukan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI