Sukabumi Update

Pemkab Sukabumi Siapkan Gerai Tampung Produk Lokal Geopark Ciletuh Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri membuka pelatihan bimbingan (Bimtek) kemasan produk kreatif berupa olahan pangan Hanjeli dan Markisa di kawasan Geopark Ciletuh - Palabuhanratu di di aula Kantor Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (20/11/2018).

BACA JUGA: Urusan Persandian, Pemkab Sukabumi Latih 30 ASN Menuju Era Digital

Kegiatan tersebut diikuti kelompok wanita tani (KWT) Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran dan kader penggerak usaha kecil menengah (UKM) dari Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap dengan jumlah keseluruhan 50 orang.

"Ini merupakan program pemerintah daerah dalam mengembangkan prodak UKM. Jadi bukan hanya Markisa dan hanjeli saja," ujara Iyos usai membuka Bimtek di Desa Ciracap.

Menurut Iyos, pengembangan produk lokal tersebut, tentunya masyarakat harus mengolah dari hulu sampai hilir, sehingga tidak berhenti ditengah tengah. Mulai dari penanaman dan diolah, tidak hanya menjual buahnya saja, jadi ada nilai tambah.

"Kedepan kelompok-kelompok usaha ini bisa lebih berkembang dan punya inovasi untuk bekerjasama dalam permodalan, untuk mengembangkan usahanya, tentunya kami hanya mendorong lewat kebijakan dan mempasilitasi. Namun kedepan akan ada gerai-gerai di tiap kecamatan untuk menampung produk lokal," tandasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI