Sukabumi Update

Ciptakan Kuliner Khas GCP, Dispar Kabupaten Sukabumi Latih Warga Tiga Kecamatan

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi, bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Mandiri (BLKM) Disnakertrans Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan Tataboga dan Kuliner Homestay angkatan VII dan VIII 2018, di Aula Kantor Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 40 peserta berasal dari tiga Kecamatan, diantaranya Kecamatan Simpenan, Kecamatan Waluran dan Kecamatan Ciemas.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Dana Budiman mengatakan pelatihan ini salah satu bagian penting dalam meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Geopark.

"Dengan pelatihan ini, kami berharap dapat menciptakan makanan favorit yang dihasilkan dari masyarakat disini. Sehingga setiap wisatawan yang berkunjung ke Geopark, selain menikmati alam yang luar biasa indahnya, juga dapat menikmati kuliner favorit," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (27/11/2018) usai membuka pelatihan.

Dana berharap, Provinsi, Pemda Kabupaten dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa membantu dalam pelatihan ini. Terutama berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat, Homestay maupun Geoprodak lainya.

BACA JUGA: Dispar Kabupaten Sukabumi Minta Masyarakat Terlibat Merawat Fasilitas di Objek Wisata

"Mudah-mudahan yang mengikuti pelatihan ini dapat menerima pembelajaran dengan baik, demi meningkatkan kualitas dan menghasilkan makanan favorit. Sehingga menambah daya tarik wisatawan yang datang," paparnya.

Selain pelatihan, kata Dana Dispar juga akan meluncurkan pasar digital untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat. "Rencananya kita akan luncurkan menjelang tahun baru ini. Atau pada 2019 nanti. Semunya melibatkan masyarakat setempat," tandasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI