Sukabumi Update

Sekda Kabupaten Sukabumi, Aplikasi Siskeudes 2.0 Jawab Permasalahan Desa

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri membuka workshop implementasi aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Versi 2.0, di salah satu hotel Jalan Selabintana, Kecamatan Sukabumi, Rabu (12/12/2018).

Workshop tersebut diselenggarakan oleh BPKP Perwakilan Jawa Barat dan di ikuti oleh Kasi Pemerintahan dan Operator Siskeudes Kecamatan dari Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Iyos mengatakan dengan terbitnya Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014, desa tidak lagi hanya menjadi fokus pembangunan tetapi juga sekaligus sebagai perancang dan pelaksana pembangunan itu sendiri.

"Hal itu dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat dan potensi sumber daya yang dimilikinya, desa juga tidak lagi hanya diposisikan sebagai objek pembangunan yang partisipatif," ujarnya.

Menurut Iyos, peran Pemerintah desa (Pemdes) sangat strategis. Apalagi dengan meningkatnya jumlah uang yang dikelola desa serta dukungan berbagai kebijakan yang terimplementasikan dengan baik dalam tata kelola pemerintah desa.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Beberkan Produktivitas UMKM di Era Industri 4.0

"Dukungan kapasitas dan pengawasan juga harus ditingkatkan agar pengelolaan keuangan di desa dan dana desa dapat berjalan efisien dan efektif," katanya.

Iyos berharap, hadirnya aplikasi ini dapat menjawab berbagai permasalahan-permasalahan yang ada baik di tingkat pemerintah desa maupun di tingkat pemerintah Supradesa.

Hadir pada kesempatan tersebut, Koordinator pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemda, Perwakilan PMD Kabupaten Sukabumi.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI