Sukabumi Update

Wabup Sukabumi Belajar Sistem Pelayanan Air Minum ke Kota Malang

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono menghadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Malang.  Peringatan HUT ke-44 tersebut di meriahkan dengan menggelar expo Digital Transformation Summit (DTS) 2018 yang berlangsung mulai dari 11 sampai 13 Desember 2018.

Adjo menjelaskan dalam acara tersebut PDAM Kota Malang meluncurkan inovasi Total Water Utility. Integrated Network Command Center (TCC) dimana teknologi itu berguna untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

"PDAM Tirta Dharma Kota Malang, sudah bisa melayani pelanggan dengan air siap minum. Pengendalian pengelolaannya sudah menggunakan sistem TCC sebagai pusat komando untuk pengendalian kontrol dan monitoring proses transmisi dan distribusi air ke pelanggan," ujarnya, Kamis (13/12/2018).

Menurut Adjo, teknologi digital ini mengintegrasikan sistem informasi dalam pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA).

BACA JUGA: Seleksi Calon Dewan Pengawas Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, Siapa Lolos?

"Yang menarik teknologi ini bisa memantau jumlah pengaduan dan kebocoran air sekaligus mempercepat proses penanganannya. Bahkan inovasi ini terintegrasi dengan sistem pegawai yang sudah berbasis waktu. Seluruh pekerjaan pegawai tercatat dalam hitungan menit dan per jam," terangnya.

Adjo mengaku akan mempelajari dan mengkaji teknologi tersebut untuk diterapkan di Kabupaten Sukabumi. "Kita akan mempelajari dan mengkaji, tentu disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan kita," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI