Sukabumi Update

Sekda Kabupaten Sukabumi: Media dan Pemda Harus Saling Memahami

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik 2018 di salah satu hotel Jalan Selabintana. Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Diskominfosan dan bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sukabumi.

Sekretaris Daerah, Iyos Somantri mengatakan lahirnya UU No 14 Tahun 2008 merupakan prestasi dalam menjawab tantangan dalam menjawab keterbukaan informasi yang dibangun oleh teknologi informasi dan komunikasi yang membuat informasi bergerak secara dinamis. Sehingga UU keterbukaan informasi publik akan mendorong terwujudnya demokrasi bangsa, dimana salah satu ciri kehidupan demokrasi tersebut adalah keterbukaan.

“Untuk itu, kita semua harus saling memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing baik sebagai penyelenggara negara dan media kontrol sosial, sehingga bisa terjalin jejaring yang kuat dan kerjasama yang utuh dalam menciptakan keseimbangan berita dan fakta,” ujarnya dalam sambutan.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi, kata Iyos perlu diterapkan upaya kongkret membangun kerjasama strategi dengan pihak terkait. Oleh karenanya  dalam mempublikasikan informasi kepada masyarakat diperlukan keterlibatan banyak  pihak termasuk insan jurnalistik.

“Untuk itu PWI sebagai organisasi strategis bisa menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA: Kang Emil Apresiasi Inisiasi Sekda Kabupaten Sukabumi Soal Geopark

Lebih lanjut, Iyos menambahkan dalam upaya membangun masyarakat yang cerdas informasi, dibutuhkan optimalisasi dan peningkatan kapasitas jurnalistik dalam menyampaikan informasi kepada publik. “Sehingga dapat dilaksanakan secara proporsional dan mendidik publik,” pungkasnya.

Sementara itu, panitia pelaksana Bimtek Jurnalistik, Rahmat Djuniardi menjelaskan kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama satu hari dengan tujuan, sebagai salah satu upaya membuat kondisi jurnalistik yang kritis dan konstruktif terhadap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI