Sukabumi Update

Pertama di Indonesia, Roller Barrier di Letter S Cikidang Dilengkapi Lampu dan Mirror

SUKABUMIUPDATE.com – Jalur maut, letter S Cikidang Kabupaten Sukabumi akan menjadi jalan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi roller barrier, atau pembatas jalan bersilender putar. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerapkan teknologi ini di Cikidang tak lama setelah kecelakaan maut di pada bulan September 2018 silam, puluhan penumpang tewas, setelah bis pariwisata masuk jurang di lokasi tersebut, tanjakan letter S.

Di lokasi ini, rencananya akan dipasang roller barrier sepanjang 60 meter, meliuk mengikuti jalan yang berada diatas jurang. Tak hanya pembatas jalan bertabung silinder warna kuning, Pemprov Jabar juga akan memasang 11 lampu PJU (Penerangan Jalan Umum dan dua safety mirror (cermin) di lokasi tersebut.

“Tujuan kita untuk menekan angka kecelakaan di lokasi yang rawan seperti letter S Cikidang ini, untuk itu kita maksimalkan fasilitas penunjangnya,” jelas Kabid Transportasi Darat Dishub Jabar, Diding kepada cikidang info, Kamis (27/12/2018).

Pemasangan roller barrier ini langsung dilakukan oleh tim ahli dari Korea, karena teknologi ini merupakan bantuan dari sejumlah pengusaha korea kepada Pemprov Jawa Barat. Pengerjaannya dilakukan oleh PT Tosi Solution Korea.

BACA JUGA: Akhirnya, Teknologi Roller Barrier Mulai Dipasang di Letter S Cikidang Sukabumi

Dishub Jabar berharap warga sekitar ikut menjaga keberadaan fasilitas keselamatan ini. Selain itu pengendaraan juga diharapkan tetap hati-hati dijalur ini, karena teknologi sifatnya hanya mengurasi resiko dampak dari kecelakaan.

“Lebih baik kita menghindari kecelakaannya,” pungkas Diding.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI