Sukabumi Update

Antar GGN ke Ridwan Kamil, Sekda Kabupaten Sukabumi Ditantang Bangun Wisata Kelas Dunia

SUKABUMIUPDATE.com – Tim khusus GGN (Global Geopark Network) menemui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai mendatangi dan memantau perkembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Dalam pertemuan di Gedung Satu Bandung, tim yang dipimpin Sekjen GGN Profesor Guy Martini ini didampingi jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Tadi pak Gubenur berdiskusi panjang dan memberikan apresiasi kepada Mr Guy dan tim GGN yang terus mengawal pengembangan kawasan, budaya dan masyarakat di UGG Ciletuh Palabuhanratu,” jelas Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri yang mendampingi kunjungan tim GGN ke Provinsi Jawa Barat, Jumat (28/12/2018).

Dalam pertemuan ini, Ridwan Kamil berjanji akan menjalankan rekomendasi GGN terkait konsep pengembangan kawasan Ciletuh Palabuhanratu yang sudah ditetapkan sebagai UGG (Uneso Global Geopark). “Saya juga ditantang gubernur untuk mengimplementasikan konsep yang saya susun tentang pengembangan kawasan dalam mewujudkan destinasi pariwisata berkelas dunia di Jawa Barat,” sambung Iyos.

Gubernur berharap ide inspiratif tersebut dalam diimplementasikan baik tentang tata kelola badan pengelolah, maupun pengembangan fisik dan non fisik. “Gubernur juga meminta Sekda Jabar untuk membuat formula tata kelola atau manajemen geopark yang fokus, terutama terkait kewenangan,” pungkasnya.

BACA JUGA: Kedatangan Penasihat UGG Ciletuh Palabuhanratu, Ini Kata Sekda Sukabumi

Sebelumnya, selama dua hari tim khusus GGN ini mengunjungi sejumlah tempat di Geopark Ciletuh Palabuhanratu dalam rangka monitoring. Guy memberikan sejumlah catatan agar pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi lebih baik lagi.

Mr.Guy dan rombongan mengunjungi Puncak Habibi, Kasepuhan Adat Sinar Resmi, Puncak Darma, Curug Cimarinjung, Dan Pantai Palampang.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI