Sukabumi Update

Resmikan Jembatan, Bupati Sukabumi: Pemeliharaan Ulah Silih Andelkeun

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meresmikan jembatan penghubung dua desa dan kecamatan, yaitu Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenen dan Desa Tonjong Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin (31/12/2018). Jembatan yang membentang di atas sungai Cimandiri sepanjang 200 meter dan lebar 1,5 meter tersebut dibangun menggunakan dana  hibah dari seorang warga Brebes Jawa Tengah, Hadi Cucu Wijaya.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi tersebut mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Dalam kondisi hujan Marwan datang mengendarai motor ATV (All Terrain Vehicle).

Marwan Hamami menyampaikan, bahwa hal seperti ini bisa membantu percepatan pembangunan. Menurutnya peran masyarakat sangat di butuhkan, sehingga percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi cepat terwujud.

"Pembangunan jembatan ini murni dari masyarakat yang berkeinginan untuk memberikan sumbangsih pembangunan, hebatnya yang membangun bukan masyarakat Sukabumi, mudah-mudahan dengan ini dapat memberikan satu nilai manfaat baik," paparnya dalam sambutan.

Marwan meminta peran desa untuk merawat dan memelihara infrastruktur yang telah di bangun. "Dua desa ini harus bersepakat, untuk memelihara jangan silih andelkeun (jangan saling mengandalkan)," katanya.

Menurut Marwan, untuk pembangunan seluruh Kabupaten Sukabumi jika menggunakan anggaran APBD atau Dana Desa (DD) akan sulit, terlebih dengan kondisi luas wilayah Kabupaten Sukabumi.

"Kita berharap masyarakat mau berperan aktif, terlebih perusahaan dengan dana CSRnya yang tergerak untuk membantu saudara-saudaranya, Insya Allah pembangunan di Kabupaten Sukabumi akan lebih cepat terealisasi," harapnya.

Ia menambahkan program pemerintah Kabupaten Sukabumi akan terkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur. "Ketika melanjutkan,  infrastruktur hanya 30 sampai 40 persen yang bisa dilalui dan bagus. Hari ini sudah mendekati di angka 70 persen,  mudah-mudahan di tahun 2019 ini kita bisa menyelesaikan asal tidak terganggu oleh musim atau bencana alam," tambahnya.

BACA JUGA: Bupati Sukabumi: 2019 Lebih Tegas, ASN Berkinerja Rendah Bisa Turun Pangkat

Marwan berharap, apa yang di inginkan masyarakat harus nyambung dengan dengan perangkat Desa.

"Membangunnya mudah memelihara yang sulit. Jangan sampai nanti pak Hadi sudah membangun, kepala desa tidak menganggarkan untuk perawatan, kedepan masyarakat juga harus berperan dalam perencanaan pembangunan.  Musrenbang  harus di ikuti dan harus menjadi catatan oleh kita, sehingga anggaran yang di berikan pemerintah bisa termanfaatkan dengan baik sesuai keinginan masyarakat," pungkasnya.

Hadi Cucu Wijaya warga asal Brebes, Jawa Tengah pemberi hibah menyampaikan terimakasih atas di resmikannya jembatan tersebut oleh Bupati Sukabumi.

"Sudah dua kali jembatan ini akan diresmikan namun gagal dan mundur terus. Alhamdulillah hari ini menjadi sebuah kebanggan bagi saya, karena jembatan ini bisa diresmikan langsung oleh Bupati Sukabumi. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih  dengan rasa bangga dan rasa hormat saya kepada pak bupati,"ujar singkatnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI