Sukabumi Update

Mensos Jamin Pembangunan Rumah Korban Longsor Cisolok Ditanggung Pemerintah Pusat

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, pembangunan rumah untuk korban bencana longsor di Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, akan dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah pusat.

"Bapak ibu sekalian yang memang terdampak bencana longsor tidak perlu khawatir karena pembangunan rumahnya itu sendiri akan disediakan pemerintah," ujar Agus Gumiwang saat mengunjungi lokasi longsor di Kampung Garehong, Kamis (3/1/2019).

Menurut Agus, setiap kali terjadi bencana maka pembangunan rumah ditanggung pemerintah pusat, termasuk yang terbaru ini terjadi di Selat Sunda.

Tapi dalam hal ini perlu ada relokasi, maka dari itu untuk lahannya akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Yang kami minta yang kami tekankan adalah relokasi. Ini untuk kebaikan ibu bapak sekalian supaya lebih aman," tegasnya.

BACA JUGA: Bantuan Longsor Cisolok Sukabumi Banyak Berdatangan, Petugas Lakukan Mobilisasi

Untuk sisi desain rumah, kata Agus, akan menyesuaikan dengan bentuk aslinya. Mengingat rumah yang ada di Kampung Garehong memiliki desain khas. "Bentuknya tetap kearifan lokal," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Agus menyerahkan santuan kepada ahli waris korban bencana longsor. Sebanyak 13 ahli waris yang menerima santunan tersebut, masing-masing ahli waris menerima Rp 15 juta dari Kemensos.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI