Sukabumi Update

Fahmi Bicara Potensi Pasar Kopi Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, ingin kopi Sukabumi bisa dikenal oleh para penikmat kopi di seluruh penjuru Indonesia. Targetan tersebut dimantapkan Fahmi setelah berdiskusi dengan para pegiat kopi Sukabumi untuk terus mengembangkan industri per-kopian yang ada di Sukabumi ini.

Fahmi mengatakan, ingin mengajak para pegiat kopi Sukabumi untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui kegiatan mingguan bertema, minum kopi di pagi hari bareng Wali Kota Sukabumi.

“Sukabumi ini punya potensi yang besar, meskipun kopinya kebanyakan dari Kabupaten Sukabumi, kita ada kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi untuk mengembangkan industri kopi ini dan juga tentunya kerja sama dengan para pegiat kopi di Sukabumi,” ujarnya di acara Coffee Morning With Mayor of Sukabumi, Minggu (6/1/2019).

Penggerak Sukabumi Ngopi, Dede Rizal mengharapkan Pemkot Sukabumi bisa mendukung pergerakan kawan-kawan pegiat kopi di Sukabumi, agar bisa lebih dikenal dan dinikmati orang banyak.

“Kita sudah buat banyak acara kopi di Sukabumi dan di luar Sukabumi, sekarang saatnya pemerintah juga mungkin melihat karya kita ini untuk mengembangkan potensi kopi di Sukabumi ini,” papar Dede.

Selain itu, seorang pegiat kopi independen asal Sukabumi, Yuda Botak menjelaskan para pegiat kopi di Sukabumi bahkan pernah membuat acara di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat dan direspon baik oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

BACA JUGA: Pasar Pelita Sukabumi Baru 37 Persen, Pedagang Ragu Direlokasi ke Terminal

“Bahkan ketika kita riset di museum Gedung Sate, di sana tertulis bahwa pada zaman kolonial dulu ketika VOC berdagang di Indonesia, benih kedua yang ditanam VOC setelah gagal di Batavia, dapat tumbuh baik di Sukabumi, itu bukti sejarahnya,” tegas Yuda.

Yuda menambahkan, pihaknya masih berharap terwujudnya surga kopi di Sukabumi melalui kerja sama dengan pemerintah.

“Mari kita buat acara yang lebih nonjok lagi, meskipun secara kuantitas produksi kita masih kurang, tapi kedepannya kita percaya melalui kopi akan turut membawa harum nama Sukabumi,” pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI