Sukabumi Update

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Dispar Kabupaten Sukabumi Perlu Tambahan Destinasi Wisata Baru

SUKABUMIUPDATE.com - Festival Pesona Durian Cimanggu ke-2 tahun 2019 yang digelar para petani mendapat apresiasi Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi.

Festival yang digelar di Lapangan SD PGRI Sindangpalay Cikeong, Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Kamis (17/1/2019) ini menampilkan kurang lebih 43 buah varietas durian lokal Desa Cimanggu.

Kepala Dinas Pariwisata Usman Jaelani mengungkapkan, Festival Pesona Durian Cimanggu itu merupakan event yang membawa dampak positif kepada sektor pariwisata. Untuk itu kedepannya, Dinas Pariwisata akan menambah spot sumber wisata baru untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sukabumi.

"Kita perlu menemukan destinasi wisata baru, ini harus dikembangkan. Secara keseluruhan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu perlu didorong salah satu kegiatan seperti ini," ujar Usman Jaelani kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/1/2019).

Usman mengungkapkan, event-event yang digelar dilingkup komunitas nantinya bisa berlanjut ke tingkat kecamatan ataupun ke tingkat kabupaten. Usman mencontohkan, durian yang paling terbaik dan menarik yang sudah difestivalkan ditingkat desa kemudian diikutsertakan lagi dalam festival tingkat kecamatan lalu kabupaten. Menurut dia, setiap daerah di Kabupaten Sukabumi memiliki durian unggulan. Lalu melalui festival ini, durian bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

BACA JUGA: Ikuti Festival Durian, Bupati Sukabumi Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Lokal

"Di kabupaten sukabumi ini kan ada banyak durian unggulan, Ini kan bisa di jual nanti kedepan kita akan coba kaji kemungkinannya," jelasnya.

Usman mengungkapkan festival durian akan digunakan sebagai ajang informasi untuk kajian selanjutnya tentang pengembangan spot objek wisata baru.

"Kita akan melanjutkan, mana yang bagus lanjut untuk tahun 2020 nanti, namun tetap harus melihat dulu RKPD onlinenya bagaimana," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI