Sukabumi Update

Jalan Suryakencana Cibadak Sukabumi Selalu Banjir, Dinas PU Ungkap Penyebabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi menurunkan tim untuk membersihkan saluran air sepanjang jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kamis (14/2/2019).

BACA JUGA: Perbaiki Jalan Rusak Dinas PU Kabupaten Sukabumi Siapkan Rp 150 Miliar di 2019

Pantauan sukabumiupdate.com, drainase yang memiliki kedalaman 1,5 meter dan lebar 1 meter tersebut banyak dipenuhi sampah, potongan kayu hingga pasir. Kondisi ini yang mengakibatkan Jalan Suryakencana banjir saat diguyur hujan deras.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengungkapkan, pembersihan merupakan upaya agar air mengalir lancar di drainase. Menurut Asep, di jalan Suryakencana terdapat dua pembuangan akhir air drainase. Setelah dilakukan pengecekan, pembuangan akhir air tersebut hanya satu saluran saja yang berfungsi. Sedangkan satu saluran akhir air tiak berfungsi karena tertimbun.

"Setelah kroscek lapangan, pembuangan akhir drainase yang dulunya ada dua pembuangan sekarang menjadi satu pembuangan yang berfungsi. Karena pembuangan yang satu sudah lama tidak berfungsi karena tetimbun," ungkap Asep.

Dengan keadaan ini, secara otomatis kalau curah hujan sangat tinggi mengakibatkan air di drainase tidak mengalir dengan normal. Tapi ketika hujan sudah mulai reda tidak lama kemudian air langsung surut. "Jadi permasalahannya ada di pembuangan akhir drainase," singkatnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI