Sukabumi Update

Di Warudoyong Kota Sukabumi, HG Tegaskan Empat Pilar Bukan Sebatas Lip Service

SUKABUMIUPDATE.com - Pancasila sebagai idiologi bangsa bukan hanya sebatas sebagai lips service, akan tetapi harus hidup dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian ditegaskan anggota DPR RI Heri Gunawan saat melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan belum lama ini di Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan (RAI HG), Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Menurut politisi Partai Gerindra yang karib disapa HG ini, keempat pilar itu yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. "Empat pilar berbangsa dan bernegara bukan hanya untuk disosialisasikan saja, namun juga sangat penting untuk diimplementasikan agar dapat mensejahterakan rakyat Indonesia," kata HG.

BACA JUGA: Heri Gunawan Kritik Program Kartu Pra Kerja Jokowi

Keempat pilar ini, sambung pria kelahiran 11 April 1969 ini merupakan empat nilai fundamental yang harus tertanam secara utuh dan menyeluruh di dalam setiap jiwa masyarakat Indonesia. Empat Pilar kehidupan berbangsa perlu terus disosialisasikan untuk menyegarkan kembali seluruh komitmen masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pemahaman tentang empat pilar mencakup nilai-nilai kebangsaan yang bisa membentuk karakter masyarakat Indonesia. Karakteristik masyarakat yang beragam, tentunya harus diimbangi dengan pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan. Artinya, empat pilar kebangsaan memiliki substansi cakupan menyangkut hak dan kewajiban warga negara," ungkapnya.

HG memaparkan, meningkatnya  pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai kebangsaan setidaknya bisa menjadi perisai untuk mencegah terjadinya krisis multidimensi. "Jika masyarakat sudah paham mengenai nilai kebangsaan, maka tidak akan terjadi aksi-aksi anarkistis. Mereka bisa lebih elegan dalam menyampaikan berbagai masalah, tidak melalui aksi anarkistis," tegasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI