Sukabumi Update

Studi Pembinaan UKM, Pemkab Lampung Barat Belajar ke Pemkab Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemkab Sukabumi melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) menerima kunjungan kerja Pemkab Lampung Barat, Kamis (14/3/2019) di Gedung Pendopo Sukabumi. Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding pembinaan dan pengelolaan Usaha Kecil dan Mikro (UKM).

BACA JUGA: DPKUKM Kabupaten Sukabumi : Peci Rajut Khas Kebonpedes Siap Bersaing se Jabar

Ketua rombongan Pemkab Lampung Barat, Alexander Saputra menjelaskan, kunjungan kerja berkaitan dengan rencana  menjadikan Kabupaten Lampung barat sebagai kabupaten sukses mengelola dan mengembangkan UKM. Ia menilai, berdasarkan analisa Pemkab Lampung Barat, Kabupaten Sukabumi dianggap sukses dalam pembinaan dan pengelolaan UKM.

"Kabupaten Lampung Barat dengan luas 2141,57 kilometer persegi, atau 6,5 persen dari luas wilayah Provinsi Lampung, terdiri dari 15 Kecamatan, 131 desa dan lima kelurahan. Memiliki banyak potensi untuk pengembangan UKM, diantaranya komoditas kopi dengan produksi rata rata 52,644 ton per tahun," terang Alexander.

BACA JUGA: Bingung Bikin Desain Kemasan? Konsultasi Saja ke DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Gratis Lho

Sementara itu, Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Ardiyana menjelaskan, demografi Kabupaten Sukabumi sebagai kabupaten terluas kedua di pulau Jawa dan Bali dengan jumlah penduduk sekitar 2,6 juta jiwa, terdiri dari 47 kecamatan, 381 desa serta lima kelurahan.

"Hari ini Kabupaten Sukabumi membina usaha mikro dan usaha kecil. Tercatat sekitar 26.000 pelaku usaha binaan di Jawa Barat, termasuk di dalamnya dari Sukabumi sekitar 6.000 dengan data yang sudah lengkap. Berbagai program sudah dikembangkan di Kabupaten Sukabumi, termasuk kampung digital," ungkap Ardiyana.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI